Dehidrasi Dapat Berdampak Serius pada Kesehatan, Ini Tanda-tandanya

Ilustrasi minum air putih-- sumber foto medicalnewstoday.com

Acuantoday.com— Dehidrasi mungkin dianggap sepele oleh sebagian orang. Tapi hati-hatilah jika dibiarkan akan berdampak serius pada kesehatan Anda. Tanda-tanda Anda dehidrasi ringan adalah merasa lelah, pusing dan mempengaruhi suasana hati serta focus Anda.

Dehidrasi terjadi ketika Anda kehilangan lebih banyak air daripada yang Anda konsumsi. Hal itu membuat tubuh Anda lebih sulit untuk melakukan beberapa pekerjaan dasar, seperti menjaga suhu tetap stabil dan lain-lain. Seperti dikuti dari WebMD, air dikeluarkan lewat air mata, keringat, juga ketika kita ke kamar mandi. Namun ketika kita dehidrasi, hal-hal semacam itu jarang kita lakukan, bahkan untuk bernafas pun akan terasa sedikit berat.

Sebagaimana diketahui lebih dari setengah berat badan Anda berasal dari air. Jadi ketika itu berkurang maka akan mempengaruhi Anda.

Berikut ini paparan WebMD seputar dehidrasi yang harus Anda tahu.

Apakah Haus Pertanda Saya Dehidrasi?

Ya, tapi tidak perlu panik. Saat Anda merasa ingin menghilangkan dahaga, itu sudah menjadi tanda Anda sedikit mengalami dehidrasi. Selama Anda memperhatikan dan mengambil minuman saat tubuh menyuruhnya, itu tidak masalah. Untuk orang dewasa yang lebih tua, jeda mungkin sedikit lebih lama. Sehingga bisa membantu membiasakan minum air putih.

Siapa yang Mungkin Terjadi?

Anda bisa kehilangan lebih dari satu galon air sehari jika mengalami diare dan muntah. Bayi dan anak-anak lebih mungkin mengalami dehidrasi dibandingkan orang dewasa karena mereka lebih kecil. Orang dewasa yang lebih tua perlu waspada karena rasa haus Anda semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Karena itu tetap biasakan minum meski belum haus. Wanita hamil atau menyusui perlu minum lebih banyak dari biasanya.

Tanda-tanda Anda Kecil Dehidrasi

Bayi dan anak kecil tidak selalu bisa memberi tahu Anda apa yang terjadi dengan tubuh mereka. Sebagai orangtua harus memperhatikan ini. Misalnya, lidah yang kering, tidak ada air mata saat menangis, tidak ada popok basah selama 3 jam, dan lebih banyak kerewelan dari biasanya. Jika lebih parah, mulut mereka akan menjadi kering dan lengket, serta mata dan pipi mereka mungkin terlihat cekung. Mereka juga mungkin bernapas cepat dan memiliki denyut nadi yang cepat atau lemah.

Gejala pada Anak yang Lebih Tua dan Orang Dewasa

Anda mungkin haus, dan mulut Anda mungkin terasa kering atau lengket. Anda tidak akan sering buang air kecil – kurang dari 4 kali sehari. Saat Anda pergi, mungkin tidak banyak kencing, dan warnanya akan gelap atau berbau menyengat. Anda mungkin merasa pusing atau pusing, dan Anda mungkin pingsan. Semakin memburuk, rasa haus Anda meningkat. Napas dan detak jantung Anda mungkin lebih cepat dari biasanya. Anda bisa kepanasan, dan Anda mungkin merasa bingung atau marah.

Haruskah Saya Minum 8 Cangkir Sehari?

Aturan lama ini tidak memiliki dasar sains. Tapi itu bagus sebagai panduan. Tapi sebenarnya, jumlah yang Anda butuhkan untuk minum tergantung pada seberapa aktif Anda, di mana Anda tinggal, dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Jika Anda tidak yakin sudah cukup minum, periksa warna kencing Anda. Kuning bening atau pucat berarti Anda sudah cukup. Lebih gelap berarti Anda perlu minum.

Bagaimana dengan Elektrolit?

Itu hanyalah garam dasar, seperti kalium, natrium, dan kalsium. Tetapi itu memiliki andil dalam segala hal mulai dari cara kerja saraf Anda hingga membangun tulang yang sehat. Kadar elektrolit Anda terkait erat dengan banyaknya air di dalam tubuh Anda. Artinya, jika Anda kehilangan banyak cairan, Anda akan merasa lebih haus dan buang air kecil saat tubuh mencoba mengembalikan keseimbangan elektrolit.

Apakah Saya Membutuhkan Minuman Olahraga?

Hampir tidak. Campuran air, garam, dan gula ini dibuat untuk atlet tingkat tinggi, seperti pelari maraton. Kebanyakan dari kita tidak membutuhkan apa pun selain air selama berolahraga. Anda hanya perlu bekerja lebih keras untuk membakar kalori ekstra dari minuman olahraga. Jika Anda melakukan pelatihan intensif selama lebih dari satu jam, itu masuk akal.

Cairan Rehidrasi Oral

Ketika dehidrasi ringan atau bahkan sedang, Anda dapat mengatasinya dengan minum banyak air. Tetapi jika Anda mengalami diare parah atau muntah, larutan rehidrasi oral mungkin bisa membantu. Lebih sering anak-anak yang membutuhkannya. Campuran khusus garam dan gula sangat cocok dengan kebutuhan tubuh. Anda bisa membelinya tanpa resep di toko obat.

Kapan Menghubungi Dokter Anda

Ketika Anda melihat gejala dehidrasi parah, segera hubungi dokter Anda. Ini dapat menyerang anak-anak dengan cepat, jadi yang terbaik adalah melapor masuk lebih awal daripada nanti.

Tanda-tandanya meliputi: Diare selama lebih dari 24 jam, Merasa pusing, bingung, atau pingsan, Tidak bisa menahan cairan, Tidak ada energi, Detak jantung atau pernapasan cepat, Kotoran hitam atau berdarah, Perawatan darurat.

Ketika level air Anda terlalu rendah, Anda tidak dapat mengatasi dehidrasi sendiri. Anda harus dirawat di rumah sakit. Dokter akan memberi Anda perawatan melalui pembuluh darah dengan infus, karena obat ini memasukkan air dan garam ke dalam tubuh Anda jauh lebih cepat daripada Anda meminumnya.

Bisakah Saya Minum Terlalu Banyak?

Sebaiknya tidak. Ketika Anda minum lebih banyak daripada yang bisa ditangani ginjal Anda – dan itu banyak – Anda akan berakhir dengan kondisi yang disebut hiponatremia. Ini adalah saat kadar natrium Anda menjadi sangat rendah, menyebabkan sel Anda membengkak. Ini bisa mematikan, tapi jarang terjadi. Ini kebanyakan hanya terjadi pada orang-orang yang berkompetisi dalam balapan jarak jauh yang intens.

Tips untuk Tetap Terhidrasi

Biasakan diri Anda rutin meminum air. Jadikan air sebagai minuman favorit Anda. Tuangkan segelas pada dan di antara setiap makan. Atau setel pengingat di ponsel Anda untuk minum setiap jam. Beberapa orang menemukan bahwa membawa botol air bisa membantu. Dan jika Anda mendambakan camilan, minumlah air sebagai gantinya. Terkadang, tubuh kita mengacaukan rasa haus akan kelaparan.***dian

Comments

comments