Delapan Cara Usir Kantuk Saat di Kantor

Ilustrasi--sumber gambar funbuzztime

Acuantoday.com— Semua pekerja kantoran pasti pernah merasakan ini, rasa ngantuk menyerang saat masih jam kerja kantor. Lebih parah lagi kalau rasa ngantuk itu datang di saat kita sedang mengerjakan tugas penting. Pasti rasanya setengah mati.

Menurut alodokter, ada beberapa cara untuk mengusir rasa kantuk ketika di tempat kerja. Tapi sebelum itu cobalah cara ini. Tidur cukup di malam hari, di pagi hari sarapan dan konsumsi air putih yang cukup. Biasanya cara ini cukup efektif menghilangkan  kantuk saat bekerja.

Jika masih juga merasa ngantuk maka alodokter menyarankan beberapa hal ini:

1.Jangan duduk terlalu lama karena itu bisa memicu kantuk. Karena itu disela-sela waktu kerja, sebaiknya beranjak dari kursi anda dan jalan sejenak. Misalnya ke toilet, kunjungi meja kerja teman untuk mendiskusikan Sesutu. Intinya adalah bergerak, berjalan.

Melakukan aktivitas seperti ini selama lima menit saja dapat membuat Anda terjaga hingga satu jam setelahnya. Jadi, luangkan waktu sejenak untuk bangkit dari meja kerja, ya.

2.Jangan menatap layar komputer terus menerus. Ini bukan hanya membuat mata Anda Lelah tapi juga pikiran sumpek yang berujung ngantuk. Jadi alihkan mata Anda secara berkala dari layer computer. Ini untuk menyegarkan mata juga pikiran Anda.

3.Mengatur pernapasan. Rasa kantuk dapat hilang jika kadar oksigen pada otak tercukupi. Untuk itu, saat merasa ngantuk, cobalah untuk mengatur pernapasan Anda kembali. Caranya yaitu dengan menarik napas dalam-dalam menggunakan perut, kemudian tahan sejenak dan hembuskan napas melalui mulut. Lakukan ini hingga 10 kali.

4.Mengonsumsi air putih yang cukup. Dehidrasi bisa menjadi penyebab munculnya rasa kantuk dan lelah. Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi air putih yang cukup, yaitu setidaknya 1 gelas besar setiap jamnya.

5.Mengonsumsi minuman berkafein. Salah satu cara menghilangkan kantuk adalah dengan mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi misalnya. Anda disarankan untuk mengonsumsi secangkir kopi saja.

Tapi minum kopi dapat memicu dehidrasi, karena itu jika ingin mengkonsumsi kopi, pastikan kebutuhan air putih Anda tercukupi.

6.Mengonsumsi camilan yang sehat. Ini juga bisa membantu mengusir kantuk. Kadar gula darah rendah dapat menyebabkan tubuh terasa lemas. Pada kondisi ini, makanan ringan dapat bermanfaat untuk meningkatkan energi dan mengusir rasa kantuk dan lelah.

Tapi ingat ya, pilih camilan sehat yang dapat membuat tubuh berenergi antara lain adalah: biskuit dengan gandum utuh, kacang-kacangan, buah potong, seperti semangka, melon, jeruk, dll.

7.Mendengarkan music. Cara lain menghilangkan ngantuk adalah mendengarkan music dengan menggunakan earphone. Musik dengan irama yang kencang, seperti musik aliran rock dan pop, bisa membuat Anda lebih berenergi dan melupakan rasa kantuk dan lelah.

8.Tidur siang sejenak. Jika rasa kantuk sudah tidak tertahankan, manfaatkan waktu istirahat untuk tidur siang sejenak selama 10-20 menit. Tapi jika bisa tidur, pejamkan mata sambil tengkurap di meja kerja selama 10 menit tanpa distraksi apa pun agar Anda dapat kembali lebih segar.

Beberapa cara di atas dapat membantu menghilangkan kantuk. Namun tetap saja, yang penting adalah cukupi kebutuhan tidur harian. Jadi pastikan waktu tidur malam hari Anda tercukupi.***dian

Comments

comments