Demo di Depan KPK, Massa Desak Bupati Sarolangun Diperiksa di Kasus Tambang

Sejumlah massa melakukan unjuk rasa di depan Gedung KPK menuntut agar Bupati Sarolangun diperiksa terkait kasus korupsi tambang./Foto: Acuantoday.com (ali)

Acuantoday.com, Jakarta―Belasan massa yang mengatasnamakan Aliansi Pecinta Keadilan Kebenaran (APKK) menggelar unjuk rasa di depan KPK menuntut diprosesnya kasus jual beli saham izin usaha pertambangan (IUP) di Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi.

Dalam orasinya, massa meminta penyidik KPK memeriksa Bupati Sarolangun, H Cek Endra yang diduga terlibat korupsi izin pertambangan.

“Kami meminta KPK mengaudit kembali proses jual beli IUP batu bara di Kabupaten Sarolangun. Kasus ini diduga merugikan negara miliaran rupiah,” kata Koordinator aksi Iskandar kepada Acuantoday.com, Selasa (2/2/2021).

Dalam aksinya, orator juga menuntut KPK mengungkap siapa aktor sebenarnya di balik kasus IUP sehingga jual beli saham terkesan mudah tanpa mempertimbangkan resiko yang merugikan negara.

“KPK harus memanggil Bupati Sarolangun terkait 400 ha lahan pertambangan batu bara yang kini jadi objek sengketa. Bahkan pembeli saham sudah ada yang ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung,” ujarnya.

Selain menuntut penuntasan kasus tambang, massa aksi juga mendesak KPK agar memanggil Inspektur Pengawasan Internal Pemerintah (APIP jambi) yang terkesan membiarkan adanya pungutan liar dalam tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2015.

“Kasus pungli ini sampai sekarang belum ada hasil siapa yang tanggung jawab. Padahal nilai punglinya mencapai Rp42 Miliar,” pungkasnya. (mmu)

Comments

comments