Demo Penolakan Ombinus Law Belum Kelar, Polisi Alihkan Lalin di Sekitar Istana

Pengaturan lalu lintas Jalan Gerbang Pemuda arah Jalm Gatot Subroto diputar balik di depan TVRI, atau belok kanan ke dalam kawasan GBK sehubungan pidato kenegaraan di Jakarta, Jumat (14/8/2020)../Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta―Sejumlah aksi massa menolak Undang-Undang Cipta Kerja diperkirakan bakal terus berlanjut. Untuk mengantisipasi hal itu, polisi mengalihkan arus lalu lintas di sekitar Istana Negara, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, mulai Senin (12/10) ini.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan beberapa ruas jalan yang menjadi titik masuk ke Istana Negara diblokade. Namun, pemblokadean atau pengalihan arus lalu lintas bersifat situasional.

“Kami gak mau ambil risiko, hari ini sudah mulai rekayasa arus lalin lagi, beberapa ada blokade. Nanti dilihat kalau aman-aman saja, kami bikin normal lagi,” kata Sambodo saat dihubungi, Senin.

Berikut 7 rencana pengalihan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan sekitar Istana Negara:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Merdeka Timur yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.

2. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju ke Jalan Veteran III diluruskan ke traffic light Harmoni.

3. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju ke Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan Jalan Kebon Sirih.

4. Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, arus lalu lintas dari Jalan Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jalan Gajah Mada.

7. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok ke kiri ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin yang akan belok ke kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Adul Muis.

Salah satu aksi yang bakal digelar datang dari Aliansi BEM Seluruh Indonesia (BEM SI), yang mengancam bakal menggelar demonstrasi lanjutan. (rwo)

Comments

comments