Demokrat Nyatakan Menang 57 Persen di Pilkada 2020

Dokumentasi - Penyelenggaraan Pilkada beberapa waktu lalu yang dilansanakan dengan aman dan damai. (Foto : Antara)

Acuantoday.com, Jakarta―Partai Demokrat mengklaim memenangi 57 persen di Pilkada serentak, Rabu (9/12) Desember kemarin lewat hitungan cepat atau quick count. 

Jumlah kemenangan itu, merupakan akumulasi hitungan pada pemilihan calon kepala daerah tingkat Kabupaten/Kota.

Sekretaris Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani, melalui keterangan tertuslinya, Kamis (10/12)  mengatakan, partainya menang di 143 Kabupaten/Kota berdasarkan quick count yang dilakukan oleh lembaga survei, kader partai hingga pasangan calon. 

Menariknya, kata Kamhar, dari 143 daerah yang berhasil dimenangkan oleh Partai Demokrat, sebanyak 57 persen merupakan kader tulen Partai Demokrat dan 43 persen adalah bukan kader partai. 

Dipaparkan Kamhar, kemenangan yang diraih oleh Partai Demokrat di Pilkada serentak 2020 ini terbanyak di Jawa Timur, yakni sebanyak 13 Kabupaten/Kota dan disusul oleh Jawa Tengah 12 daerah, Sumatera Utara 10 daerah, Papua 9 daerah, Sulawesi Selatan 6 daerah, Kalimantan Timur 5 daerah, Jawa Barat 4 daerah, Maluku 3 daerah dan Sulawesi Barat 3 daerah. 

Ia menegaskan, kemenangan besar ini memiliki arti penting bagi Partai Demokrat. 

Apalagi, kata dia, capaian di Pilkada 2020 ini melampaui target yang ditetapkan partainya, sebesar 50 persen.

“Capaian ini memiliki arti penting bagi Partai Demokrat, apalagi melampaui target yang telah ditetapkan sebelumnya sebesar 35 persen, kemudian direvisi menjadi 50 persen. Kami malah berhasil mencapai 57 persen,” ucapnya. (rht)

Comments

comments