Di Kediri, RS Rujukan COVID 19 Overload

Ruang perawatan pasien di RSKK Kabupaten Kediri, Jawa Timur./Foto:Antara

Acuantoday.com, Kediri- Rumah sakit rujukan COVID-19 di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, telah melebihi kapasitas. Akibatnya beberapa pasien COVID -19 terpaksa dirawat di ruang instalasi gawat darurat (IGD).

“Kami  sedang mempersiapkan penambahan ruang. Kami juga berencana merekrut tenaga kontrak baru khusus menangani COVID-19,” kata Kepala Bidang Pelayanan RSUD Kabupaten Kediri, Rudolf Rudy Budiantoro, Rabu (2/12).

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Kediri,  Ahmad Khotib, mengatakan,  pihaknya sudah meminta  rumah sakit untuk menambah kapasitas tempat tidur guna  merawat pasien VOCID-19.

“Semoga segera ada yang sembuh dan pulang. Kami pun sudah proses untuk menambah tempat dan ruangan baru,” katanya.

Walaupun di rumah sakit rujukan penuh, menurut dia,  pasien COVID-19 tetap terlayani dengan baik. Setiap pasien yang masuk juga mendapatkan perawatan terbaik.

Ia menambahkan, rumah sakit di Kabupaten Kediri bersifat rumah sakit rujukan, sehingga pasien yang masuk bukan hanya dari Kabupaten Kediri melainkan dari sejumlah daerah lain seperti Jombang, Nganjuk, hingga Blitar.

Hingga kini, menurut  Ahmad, kasus baru COVID 19 di Kediri belum ada tanda-tanda melandai.  “Jadi harus selalu waspada, tidak kendur dalam menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Data per Selasa (1/12) menunjukkan,  kasus COVID 19 di Kediri mencapai 1.243 kasus. Dari jumlah itu, 104 orang pasien masih dirawat, 1.041 orang telah sembuh, dan 98 orang  meninggal dunia. (Tia/Ant)

Comments

comments