Di Tengah Pandemi Covid-19, Ridwan Kamil Sebut Ekspor Jawa Barat Masih Stabil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Acuantoday.com, Bandung – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut bila ekspor produk asal Jawa Barat masih stabil di masa pandemi Covid-19 yang saat ini melanda. Ridwan Kamil bahkan mengatakan ekspor dari Jawa Barat masih tinggi kendati dalam situasi pandemi Covid-19. Hal itu, kata dia, sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS).

“Berdasarkan data BPS Jawa Barat secara kumulatif nilai ekspor Jawa Barat periode Januari hingga November 2020 mencapai USD23,92 miliar,” katanya, Minggu (7/2).

Ridwan Kamil menambahkan Jawa Barat menjadi salah satu Provinsi yang tumbuh selama pandemi yaitu sekitar 16 persn, disusul Jawa Timur dan Kepulauan Riau.

Selain ekspor, lanjut dia, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) berhasil meraup kurang lebih Rp120 triliun.

Keuntungan itu didapatkan dari beberapa perusahaan yang berinvestasi di Jawa Barat khususnya di wilayah Metropolitan Rebana meliputi Cirebon, Patimban, Majalengka. “Kami disukai investor karena infrastruktur dan produktivitasnya tinggi ada skornya kami ini tertinggi di Indonesia kalau di Asean bisa setara dengan Vietnam,” katanya.

Ridwan mengatakan, pihaknya menerapkan strategi government spending sehingga ekonomi akan berputar dan mendorong kegiatan investasi, konsumsi, serta fiskal.”Saya telah imbau daerah di Jawa Barat mulai Januari-Februari menerapkan government spending agar laju ekonomi bisa bergerak secara merata,” bebernya.(dila)

Comments

comments