Diapresiasi Lobi Internasional Pemerintah untuk Pengadaan Vaksin COVID

Ilustrasi - Satu botol botol vaksin virus corona Covid-19 di laboratorium./Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta- DPR mengapresiasi lobi internasional pemerintah untuk memastikan pengadaan vaksin virus corona bagi masyarakat di tanah air.

“Saya mengapresiasi Erick Thohir sebagai ketua Satgas Covid-19 dan ketua pemulihan ekonomi dengan Menlu dan Menkes. Semoga kunjungan Menteri BUMN dan rombongan ke Eropa mendapat hasil yang menggembirakan bagi seluruh seluruh rakyat Indonesia baik dari sisi kesehatan maupun pemulihan ekonomi,” kata Anggota Komisi VI DPR, Marwan Jafar ketika dikonfirmasi wartawan, Kamis (15/10).

Kementerian Kesehatan RI menandatangani perjanjian kerja sama (letter of intent/LoI) dengan perusahaan farmasi asal Inggris, AstraZeneca PLC, untuk penyediaan 100 juta dosis vaksin Covid 19.

Kesepakatan tersebut dicapai dalam pertemuan antara delegasi pemerintah Indonesia, yang diwakili oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri BUMN Erick Thohir serta Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dengan jajaran pimpinan AstraZeneca di London, Rabu. Demikian Antara.

Vaksin buatan AstraZeneca merupakan salah satu kandidat vaksin Covid 19 yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan tercatat telah memasuki uji klinis tahap 3.

Marwan mengatakan penjelasan WHO tetap masih ditunggu DPR RI tentang penanganan dunia internasional melawan pandemi COVID-19 melalui penjelasan yang transparan, detail dan berdasarkan dalil ilmiah.

Mantan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi itu mengatakan, isu-isu strategis dan kontroversial yang berkembang di masyarakat perlu segera dilakukan klarifikasi oleh WHO di forum perwakilan rakyat Indonesia sebagai anggota PBB. (rht)

Comments

comments