Diaspora Indonesia Bangun Pabrik Tempe di Amerika Serikat

Pihak KJRI Chicago mengunjungi lahan pertanian kedelai milik diaspora Indonesia di negara bagian Indiana, Amerika Serikat./Antara

Acuantoday.com,Greensburg  -Makanan khas Indonesia, tempe, bakal masuk Amerika Serikat(AS). Tak tanggung-tanggung, diaspora Indonesia akan mendirikan pabrik tempe berskala besar di negara bagian Indiana.

Keterangan tertulis KJRI Chicago menyebutkan, diaspora Indonesia yang akan membangun pabrik tempe itu bernama Mayasari Effendi, tinggal di kota Greensburg, Indiana. Pabrik dikawasan Midwest itu dijadwalkan beroperasi awal tahun depan.

Pilihan jatuh ke negara bagian Indiana, karena wilayah itu merupakan salah satu sentra produksi pertanian di AS. Produk unggulan dari Indiana antara lain kedelai berkualitas premium.

Indiana juga sangat potensial untuk menjadi mitra Indonesia dalam transfer teknologi produksi kedelai dan  pengembangan kerja sama teknik.

“Kerja sama tersebut antara lain dalam hal pengembangbiakan bibit kedelai unggul, peningkatan kerja sama ekspor kedelai, hingga kerja sama teknik berupa program pemagangan bagi pemuda Indonesia untuk belajar pola penanaman, pengelolaan panen hingga cara memproduksi produk-produk berbasis kedelai yang berkualitas,” kata Konsul Jenderal RI di Chicago, Meri Binsar Simorangkir.

Selama ini, Mayasari dan keluarga telah memproduksi tempe, tapi kapasitasnya sangat kecil hanya ratusan bungkus tempe per hari. Jika nanti pabriknya beroperasi, ia bisa menghasilkan 1,6 juta bungkus per minggu.

Mayasari mengaku tertarik  mendirikan pabrik tempe di Greensburg karena saat ini semakin banyak warga di AS yang mengonsumsi tempe. (Rozan)

Comments

comments