Diduga WNA, PDIP Minta Bupati Terpilih Sabu Raijua Diproses Hukum

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Djarot Saiful Hidayat. (Foto : istomewa)

Acuantoday.com, Jakarta- Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Djarot Saiful Hidayat meminta aparat penegak hukum melacak dengan serius status kewarganegaraan Bupati terpilih Sabu Raijua, Orient P Riwu Kore yang hingga kini masih berstatus warga negara Amerika Serikat.

“Saran saya perlu dilacak secara serius tentang kebenaran dokumen status kependudukannya,” kata Djatot kepada wartawan, Rabu (3/2).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mendesak aparat melakukan proses hukum terhadap Orient P Riwu Kore jika terbukti berkewarganegaraan Amerika Serikat.

“Serahkan pada aparat yang berwenang untuk menelusuri dokumen kependudukan yang bersangkutan, dan apabila terjadi pelanggaran atau pemalsuan dokumen kependudukan serahkan pada proses hukum,” jelasnya.

Menurut Djarot, lolosnya calon Bupati yang diusung Partai Demokrat, Partai Gerindra, dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai calon Bupati itu hingga terpilih merupakan kelemahan dari sistem penyelenggara di tingkat Kabupaten dan Dukcapil setempat.

“Kalau memang benar ada pelanggaran dokumen kependudukan, maka menunjukkan kelemahan pada penyelenggara pilkada di tingkat kabupaten dan data kependudukan di dukcapil,” tutupnya.

Sebagai informasi, status warga negara Bupati terpilih Sabu Raijua, Arient P Riwu Kore diungkapkan oleh Bawaslu Sabu Raijua setelah mendapat informasi dari Kedutaan Besar (Kedubes) AS. (rht)

Comments

comments