Dihadiri Menkes, MenkumHAM dan Mensos, DPR Bentuk Panja RUU Penanggulangan Bencana

Acuantoday.com, Jakarta- Komisi VIII DPR RI menggelar rapat gabungan dengan sejumlah menteri di ruang Komisi VIII DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/9/2020).

Rapat dipimpin Ketua Komisi VIII Yandri Susanto tersebut menyepakati pembentukan Panitia Kerja Rancangan Undang-Undang (Panja RUU) Penanggulangan Bencana.

Sebelum menyepakati pembentukan panja, Komisi VIII selaku inisiator pengusul RUU Penanggulangan Bencana mendengarkan pandangan umum dari pemerintah dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Sejumlah menteri yang diundang menghadiri rapat tripartit (kerjasama tiga lembaga, DPR, DPD dan pemerintah-red) yaitu Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto dan Menteri Hukum (Menkum) dan HAM Yasonna H Laoly. Sedangkan Menteri Keuangan dan MenPAN-RB yang berhalangan hadir mengutus salah satu Dirjen. Rapat juga dihadiri Ketua Komite II DPD RI, Yorris Raweyai.

“Kami sudah menerima DIM (daftar investarisasi masalah) dari pemerintah sudah sangat lengkap. tu yang nanti akan kita bahas. Apakah nanti akan ada dinamika yang terjadi antara Panja Komisi VIII dengan pemerintah termasuk DPD RI. Itu akan kita bahas secara seksama ketika pembahasan RUU ini dimulai,” ucap Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto.

Sejurus kemudian Yandri mengumumkan nama-nama pimpinan dan anggota Panja RUU Penanggulangan Bencana yang terdiri dari 26 anggota Panja dari 52 anggota Komisi VIII yang ada.

Menteri Sosial RI Juliari Batubara selaku Juru Bicara pemerintah mengatakan pemerintah pada prinsipnya sepakat membahas bersama Panja Komisi VIII DPR RI. “Tentunya nanti ada diskusi dan dinamika. Inikan baru pandangan pemerintah tentu pada pembahasan berikutnya akan ada dinamika yang berkembang,” ucap Juliari.

Belum diakomodir UU lama, jenis-jenis bencana alam, peran serta masyarakat, peran serta lembaga sosial, serta lembaga internasional. “Hal seperti ini akan diakomodir dalam RUU Penanggulangan Bencana,” tegas Mensos Juliari. (har)

Comments

comments