Dinilai Lalai, DPR akan Panggil Dirjen Imigrasi soal Kaburnya Buron Interpol

Warga Interpol Negara Rusia Andrew Ayer. (Foto : Antara)

Acuantoday.com, Jakarta- Anggota Komisi III Arsul Sani mengaku heran dengan pihak imigrasi, atas kaburnya Warga Negara Rusia Andrew Ayer yang menjadi buronan interpol. Olehnya itu, DPR akan memanggil Dirjen Imigrasi untuk mempertanggungjawabkan kelalaian tersebut.

“Iya nanti siapa yang harus bertanggungjawab kan kita lihat dari hasil penyelidikannya seperti apa. Pada saat ini ya tentu kita secara umum harus minta pertanggungjawaban sama Dirjen Imigrasinya seperti apa ya,” kata Arsul Sani kepada wartawan, Senin (15/2).

Menurut Wakil Ketua MPR RI ini, kaburnya Andrew Ayer ini menjadi tamparan keras buat imigrasi, terkhusus bangsa Indonesia karena seorang mantan narapidana yang masuk dalam pencarian Interpol bisa kabur dari penjara.

“Saya melihat bahwa ini harusnya jadi tamparan buat jajaran imigrasi kita, karena kok bisa seorang mantan narapidana yang itu masuk dalam daftar pencarian orang Interpol tidak secara khusus mendapatkan pengawalan. Ini tentu sedikit banyak mencoreng juga nama baik negara kita ini,” jelasnya.

“Hemat saya Dirjen Imigrasi ini harustidak sekedar melakukan penyelidikan internal pada peristiwa-peristiwa seperti itu, lebih baik kalian menggandeng Bareksirm Polri untuk melihat sebetulnya di situ juga ada perbuatan pidana atau tidak di balik lolosnya itu,” tambahnya.

Meski begitu, politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini enggan berkesimpulan perihal kaburnya Andrew Ayer. “Ya itu lah yang menurut saya harus diselidiki, kita tidak mengambil kesimpulan di mana sebetulnya letak kelalaian,” tutupnya. (rht)

Comments

comments