Dinkes Aceh Selatan Bebaskan 10 Penderita Gangguan Jiwa yang Dipasung

Dinas Kesehatan Aceh Selatan membebaskan 10 penderita gangguan jiwa yang dipasung, Kamis (8/4/2021)

Acuantoday.com, Aceh Selatan— Dinas Kesehatan Aceh Selatan membebaskan 10 pasien penderita gangguan jiwa yang selama ini dipasung di sejumlah Kecamatan dalam Kabupaten setempat, Kamis 8/4/2021.

Usai melepaskan gembok pasung di Desa Pante Raja Kecamatan Pasie Raja, Plt.Kadiskes Aceh Selatan Novi Rosmita menjelaskan, sejak beberapa tahun lalu, pihaknya telah mencanangkan  penderita gangguan jiwa dibebaskan pasung.

Penderita gangguan jiwa yang dipasung di Kecamatan Pasie Raja Aceh Selatan dibebaskan oleh Dinkes Aceh Selatan, Kamis (8/4/2021)

“Kita berkomitmen tidak ada lagi pasien gangguan jiwa dipasung di Aceh Selatan. Maka hari ini, 10 orang yang dipasung dibebaskan pasung oleh tim khusus dari Dinkes,” ungkapnya seraya menambahkan, para penderita gangguan jiwa itu dibawa ke rumah sakit jiwa.

Adapun penderita gangguan jiwa tersebut adalah;  Edi Mardia (36) di Desa Pante Raja, Nurhayati (47) warga Desa Paya Ateuk Kecamatan Pasie Raja.  Chahrol (47) dari Desa Cacang Labuhanhaji, Dewi Afrina (31) dari Desa Alur Seumirah Samadua dan Mirnawati  (32) Jambo Papan Manggamat Kluet Tengah. Suhardi (32) dari  Desa Alai Kluet Timur, Rabuis (32) warga Desa Pasie Merapat Kluet Selatan, Suhardi (30) dari Desa Indra Damai Kluet Selatan, Ahmad (42) dari Desa Keude Trumon dan T Suid Pindah (35) dari Desa Kuta Baro Trumon.

Turut hadir pada kesempatan itu, Asisten I Setdakab Aceh Selatan Erwiandi, Kadis Sosial Aceh Selatan Zubir Efendi, Tim Medis dari RSJ Zainal Abidin Banda Aceh, Unsur Muspika Pasie Raja dan Keuchik beserta perangkat desa setempat. (Nai)

Comments

comments