Dinkes Kota Bandung Percepat Penuntasan Program Vaksinasi Covid-19 Tahap I

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Ahyani Raksanegara

Acuantoday.com, Bandung – Jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung saat ini tengah melakukan berbagai upaya untuk mempercepat program vaksinasi Covid-19 tahap I yang baru terealisasi 46,6 persen.

Saat ini progres penyuntikan vaksin Covid-19 di Kota Bandung tahap I untuk target sebanyak 23.000 tenaga kesehatan (nakes) hingga pertengahan pekan ini telah mencapai sebanyak 10.807 orang.

Kepala Dinkes Kota Bandung Ahyani Raksanegara mengatakan, percepatan ini dilakukan seiring dimulainya program vaksinasi Covid-19 tahap II di Kota Bandung pada Kamis 28 Januari 2021.

“Selain menyuntikan dosis ke II bagi penerima yang telah melewati 2 minggu, kita juga terus lanjutkan penyuntikan dosis tahap I sesuai dengan target,” kata Ahyani Raksanegara kepada wartawan.

Ahyani menuturkan, Kota Bandung kini sedang mengakselerasi proses vaksinasi Covid-19 tahap I. Dengan kebijakan baru dari pusat tidak perlu menunggu e-tiket, calon penerima bisa langsung disuntik.

“Kini setiap penerima vaksin tidak perlu menunggu e-tiket atau SMS blast. Calon penerima cukup memastikan terdaftar pada Pcare. Kami pastikan para penerima 2 kali dosis sesuai ketentuan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ahyani menambahkan akan melakukan tahap evaluasi dari sistem percepatan program vaksinasi ini tanggal 31 Januari 2021 mendatang agar dapat mengetahui skema mana yang efektif.

“Tujuannya agar proses penyuntikan gelombang pertama bagi para tenaga kesehatan sesuai dengan target yang ada maksimal hingga bulan April 2021. Kami juga akan melihat kesesuaian penerima vaksin dengan alokasi vaksin,” katanya.

Ahyani mengimbau warga Kota Bandung untuk terus menjaga protokol kesehatan dan disiplin 4M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan).

“Selain menjaga protokol kesehatan, warga juga harus divaksin sesuai jadwal karena vaksinasi ini proses melengkapi dalam upaya menangani pandemi Covid-19 di Kota kita,” imbau Ahyani.(dila)

Comments

comments