Dipuji FIFA, Qatar Resmikan Stadion Al Rayyan

Salah satu venue Piala Dunia 2022, Stadion Al Rayyan, diresmikan penggunaannya saat laga final Piala Amir antara Al Sadd melawan Al Arabi, 18 Desember 2020. Kembang api di dalam stadion mengawali pertandingan final yang dimenangkan oleh Al-Sadd itu./Foto:Antara

Acuantoday.com, Jakarta―Qatar meresmikan Stadion Al Rayyan, yang merupakan stadion keempat dari delapan stadion untuk venue Piala Dunia 2022.

Peresmian dilakukan ketika negara itu menggelar final Piala Amir antara Al-Sadd dan Al-Arabi Jumat (18/12) waktu setempat.

Al-Sadd yang dilatih oleh mantan gelandang Barcelona dan timnas Spanyol Xavi Hernandez, mengalahkan Al-Arabi 2-1 untuk ke-17 kalinya mengangkat Piala Amir berkat dua gol penyerang asal Aljazair, Baghdad Bounedjah.

“Sungguh stadion sepak bola yang menakjubkan,” kata Presiden FIFA Gianni Infantino dalam pernyataannya seperti dikutip Reuters.

Gainni terkagum dengan atmosfer luar biasa dengan tempat duduk yang dekat sekali ke lapangan

“saya yakin ini akan menjadi arena sepak bola yang sempurna pada 2022 ketika stadion ini menyelenggarakan pertandingan selama Piala Dunia,” tandasnya.

Ia memuji Qatar yang menyebut negara tersebut sudah sangat siap untuk menggelar Piala Dunia FIFA mendatang dan menjadi tuan rumah penyelenggaraan turnamen yang akan dikenang sepanjang masa, dimana menjadi negara pertama di Timur Tengah dan dunia Arab yang menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Tanggal final Piala Amir bertepatan dengan Hari Nasional Qatar dan negeri itu dijadwalkan menggelar putaran final Piala Dunia 2022 tepat dua tahun nanti.

Venue berkapasitas 40.000 tempat duduk itu akan menjadi tuan rumah tujuh pertandingan Piala Dunia sampai babak 16 besar.

Selesai Piala Dunia, kompleks di sekeliling Al Rayyan yang termasuk enam lapangan latihan, akan diubah menjadi kawasan olah raga yang diperuntukan bagi penduduk setempat.

Khalifa International, Al Janoub dan Education City adalah tiga venue Piala Dunia lainnya yang sudah diresmikan, demikian Reuters. (ahm)

Comments

comments