Diskar Kota Bandung akan Perjuangkan Anggotanya yang Berstatus PHL Jadi PPPK

Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Dadang Iriana

Acuantoday.com, Bandung – Diskar PB (Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana) Kota Bandung menyebut saat ini akan perjuangkan nasib para anggotanya.

Salah satu yang menjadi prioritas Diskar mewujudkan pemerataan kesejahteraan bagi anggota yang masih berstatus sebagai Pekerja Harian Lepas (PHL) menjadi PPPK.

Kepala Diskar PB Kota Bandung Dadang Iriana berharap dengan status PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) para anggota dapat seperti PNS.

“Saat ini, Diskar PB Kota Bandung memiliki 242 anggota yang berstatus PHL. Sehingga perlu ada apresiasi dari kesejahteraan dan status mereka,” ujar Dadang Iriana dalam keterangannya, Selasa (2/3).

Berbeda dengan PHL, kata Dadang, bila mengacu pada pasal 1 ayat (4) UU Nomor 5 Tahun 2014, PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu.

“PPPK diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan. PPPK punya gaji, tunjangan setara PNS,” ucapnya.

Dadang menilai para petugas pemadam kebakaran memiliki risiko kerja tinggi dan berbahaya. Risiko kerja ini, lanjut dia, harus disesuaikan dengan upah yang diterima.

“Upah harus berbanding lurus dengan tugas-tugas mereka. Ya mudah mudahan di tahun berikutnya. Sarana pra sarana ini bisa lebih baik termasuk kesejahteraannya,” harapnya.

Menurutnya, di tengah pandemi Covid-19, misi penyelamatan pihaknya tetap berjalan termasuk memastikan keselamatan warga Kota Bandung sesuai tupoksi Diskar PB.

“Di masa pandemi Diskar jadi salah satu garda terdepan penanganan Covid-19. Ada 2 petugas bahkan sempat dinyatakan positif Covid-19 yang kini telah sembuh,” tuturnya. (dila)

Comments

comments