Dispangtan: 96 Persen Pangan di Kota Bandung Didatangkan dari Luar Kota

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar

Acuantoday.com, Bandung – Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung mengajak seluruh warga memiliki inovasi dalam upaya menjaga ketahanan pangan.

Kepala Dispangtan Kota Bandung Gin Gin Ginanjar mengatakan inovasi ini penting sebab Kota Bandung bukan sebagai salah satu daerah produsen penghasil pangan.”Kota Bandung merupakan kota besar metropolitan yang mana hampir 96 persen pangannya didatangkan dari luar kota,” ujar Gin Gin dalam keterangan, Minggu (28/3).

Mengingat Kota Bandung masih bergantung pasokan dari luar, Gin Gin berharap warga kreatif manfaatkan lahan rumahnya dengan membudidayakan sayuran dan pangan lain.

Kendati demikian, Gin Gin meyakini jikalau ketersediaan pangan di Kota Bandung masih cukup aman walaupun ada bebarapa pangan yang mengalami kenaikan harga.”Kami juga kan memiliki gerakan menanam di pekarangan rumah dengan nama Buruan Sae. Targetnya setiap RW di Kota Bandung ada. Saat ini sudah 190 titik,” kata Gin Gin.

Dalam menyongsong Ramadahan, lanjut Gin Gin, selalu berkoordinasi dan menjalin kerja sama dengan beberapa pihak seperti Dinas Perdagangan dan juga Bulog setempat.

“Koordinasi dan kerja sama untuk menjaga ketersediaan pangan juga kami lakukan dengan cara memonitor ke pasar bersama Disdagin juga dengan Bulog,” ungkapnya. (dila)

Comments

comments