Ditantang Beberkan Nama, Demokrat: Tunggu Jawaban Presiden

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat Irwan Facho./Foto: Istimewa

Acuantoday.com, Jakarta―Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat Irwan Facho angkat bicara soal pernyataan beberapa pihak yang meminta partai untuk menyebutkan nama-nama oknum yang ingin menggulingkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dari pucuk pimpinan Partai Demokrat.

“Terkait detail nama-nama yang terlibat, Partai Demokrat sedang menunggu jawaban surat yang dikirimkan ke Presiden Joko Widodo,” kata Irwan Facho kepada wartawan, Selasa (2/2).

Menurut Irwan, tidak etis jika Partai Demokrat membeberkan nama-nama pelaku ke publik, sementara Ketua Umum sudah menyurati Presiden Jokowi terkait orang-orang yang berada di lingkaran Pemerintahan terlibat dalam aksi kudeta tersebut.

“Tentu tidak etis memberikan pernyataan sebelum Pak Jokowi memberikan jawaban,” ucapnya.

Dijelaskan Anggota DPR-RI ini, dari sekian nama-nama yang sudah dikantongi oleh pimpinan partai, para pelaku yang mencoba menggulingkan AHY dari pucuk pimpinan ini berasal dari internal partai dan eksternal, dan akan ditindaklanjuti dengan aturan dalam partai.

“Terkait masalah internal, belakangan akan diselesaikan sesuai dengan aturan partai. Secara internal, Dewan Kehormatan dan Mahkamah Partai tengah bekerja melalui mekanisme dan proses yang diatur oleh konstitusi partai atau AD & ART,” jelasnya.

Bersamaan dengan itu, lanjut dia, pihaknya juga telah mengonsolidasikan partai yang tengah menghadapi ancaman serius ini. 

“Alhamdulillah, semua pemimpin dan kader Demokrat setia dan bulat tekad menolak dengan tegas; segala niat, upaya dan gerakan untuk mendongkel kepemimpinan Partai Demokrat yang sah,” tutupnya.

Diketahui, Ketua Umum Partai Demokrat AHY menyebutkan ada 6 aktor yang ingin mengambil alih kepemimpinannya, di antaranya 1 orang merupakan kader PD aktif, dan 1 orang merupakan pejabat tinggi di pemerintahan Jokowi. AHY pun mengaku sudah mengirimkan surat ke Jokowi. (rht)

Comments

comments