Runway Bandara Ahmad Yani Diterjang Banjir, Penerbangan dari dan Menuju Semarang Kacau

Suasana terminal penumpang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani yang tampak lengang karena penerbangan tidak berjalan akibat runway banjir./Foto: Acuantoday.com (alvin)

Acuantoday.com, Semarang―Hujan deras yang mengguyur Kota Semarang sejak Jumat (5/2) hingga Sabtu (6/2) menyebabkan beberapa daerah tergenang air. 

Selain kawasan pemukiman, dan jalan protokol, genangan air juga menerjang runway Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani yang terletak di pesisir utara Kota Lumpia itu. 

Hal ini dibenarkan oleh Heri Trisno Wibowo selaku Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. 

“Telah terjadi genangan air di sekitaran runway Bandara Jenderal Ahmad Yani saat dilakukan pengecekan secara rutin (inspeksi) di pagi hari,” kataHeri melalui keterangan resminya, Sabtu (6/2).

Namun, menurut dia, saat ini sedang dilakukan langkah-langkah antisipasi dengan cara pengaktifan 54 unit pompa untuk menghindari terjadinya banjir di area bandara. 

Koordinasi ketat juga dilakukan oleh unit terkait. 

“Hal ini terjadi dikarenakan cuaca buruk dan hujan deras yang tak kunjung berhenti sejak tadi malam,” tandasnya.

Berdasarkan updatean terbaru Instagram resmi Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, kawasan bandar udara sementara tidak beroperasi hingga pukul 14.00.

“Berdasarkan NOTAM Nomor: B0180/21 NOTAMN perihal RWY 13/31 ditutup. Sehubungan dengan kondisi yang cuaca belum membaik, sampai dengan saat ini Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani tidak beroperasi sementara sampai dengan pukul 14.00 WIB dan hujan berhenti serta cuaca dalam keadaan baik,” bunyi pengumuman tersebut. 

Dengan kondisi demikian, terminal penumpang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani juga nampak cukup lengang. Hanya ada beberapa penumpang yang terlanjur datang dan menunggu di ruang tunggu. 

Sampai dengan saat ini, penerbangan yang terdampak adalah sebagai berikut Garuda Indonesia GA 232 tujuan Jakarta – Semarang (Dialihkan ke Surabaya), Batik Air ID 6362 tujuan Jakarta – Semarang (Delay), Batik Air ID 6350 tujuan Jakarta – Semarang (Delay), Nam Air IN 195 tujuan Pangkalan Bun – Semarang, dan beberapa penerbangan lainnya. (alvin)

Comments

comments