Diusulkan agar Menko diubah menjadi Menteri Senior

Kabinet Indonesia Maju Pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Ma'ruf Amin./Foto : Antara

Acuantoday.com, Jakarta- Peran Menteri Koordinator (Menko) diusulkan perlu diberi ‘taring’. Sehingga fungsi Menko ke depan bukan hanya sebatas melakukan koordinasi dengan kementerian teknis tetapi bisa membuat keputusan.

“Kalau satu peraturan mengatakan bahwa koordinasi dan keputusan diambil oleh Menko, maka Presiden hanya punya empat laporan yang harus dikontrol,” ucap mantan Menko Perekonomian Aburizal Bakrie dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (17/10).

Menurut Aburizal, konsep yang tepat dalam menjawab masalah ini adalah mengubah Menteri Koordinator (Menko) menjadi Menteri Senior. Langkah ini untuk menjadikan peran Menko yang saat ini tidak bisa mengambil satu keputusan karena fungsinya yang hanya berkoordinasi antar Kementerian di bawahnya.

“Saya kira konsep ini sudah lama saya kemukakan waktu jamannya pak Presiden SBY. Sudah saya katakan bukan buat Menteri Koordinator tetapi Menteri Senior. Dimana Menko bukan hanya lakukan koordinasi, tapi Menko bisa membuat satu keputusan,” ucapnya.

Menurut Ketua Dewan Pembina Partai Golkar ini jika Menko mampu mengambil satu keputusan maka Presiden hanya akan mendapat empat laporan dari seluruh Kementerian. Namun yang terjadi saat ini setiap Menteri memberikan laporan langsung ke Presiden, hingga terjadi miskomunikasi antar sesama Menteri.

“Kalau satu peraturan mengatakan bahwa kordinasi dan keputusan diambil oleh Menko, maka Presiden hanya mempunya empat laporan yang harus dikontrol,” tegasnya.(har)

Comments

comments