DKPP Sebut Penyelengaraan Pemilu Sudah Baik

Ketua DKPP RI Prof Muhammad Saat Memberikan Sambutan Di Acara Laporan Kinerja 2020./Foto: Acuantoday.com (Rahmat)

Acuantoday.com, Jakarta―Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Prof Muhammad menyebut, kerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu dalam menjalankan amanah hak masyarakat Indonesia, sudah menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan visi, tujuan dan target yang diinginkan bersama.

Dikatakan Muhammad, DKPP dan dua penyelenggara Pemilu sudah memberikan pelayanan Pemilu dengan baik sepanjang masa bakti mereka, dan hal itu sudah dirasakan oleh masyarakat Indonesia. 

“Kita akan akan membangun tiga tata kelola, satu sudah di Imam Bonjol (KPU-red) beserta seluruh jajarannya, satu di Thamrin (Bawaslu-res) dan satu di Wahid Hasyim. Yang di Imam Bonjol alhamdulillah terbangun yang namanya tata kelola Pemilu, Arief Budiman bersama lima anggota KPU membangun pondasi itu,” katanya dalam sambutan Laporan Kerja DKPP di Jakarta, Sabtu (19/12).

Apa yang sudah dilakukan itu, kata dia,  harus diteruskan, dan pelayanan KPU sudah terasa dan semakin dekat terkait hak-hak elektoral masyarakat.

Ia juga menyebut, laporan kinerja DKPP tahun 2020 semata-mata untuk rakyat selaku pemilik penuh kedaulatan dalam negara demokrasi. 

“Laporan kinerja DKPP ini intinya diperhadapkan kepada publik, kepada masyarakat, kepada rakyat yang notabene pemilik kedaulatan sesungguhnya, bukankah suara di kotak suara itu adalah murni suara rakyat,” katanya.

Sementara, Bawaslu sendiri mampu mengembangkan tata kelola pengawasan Pemilu dengan beberapa instrumen yang diterapkan, dan hal itu membuat DKPP merasa terbantu dengan capaian-capaian Bawaslu dalam pengawasan. (rht)

Comments

comments