DPR Minta Rizieq Shihab Patuhi Proses Hukum

Habib Rizieq Shihab. (Foto : Antara)

Acuantoday.com, Jakarta- Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia untuk patuh terhadap proses hukum yang sedang dijalaninya. Pasalnya, dalam hukum ada prinsip persamaan di mata hukum atau equality before the law.

“Kami mengharapkan di mata hukum itu, persamaan di mata hukum itu berlaku, equality before the law. Tentu semua pihak harus menghormati, mematuhi proses hukum yang berjalan,” kata Azis Syamsuddin di Gedung DPR RI, Selasa (2/12).

Atas dasar itu, setiap orang yang sedang menghadapi masalah hukum di bangsa ini harus menghormati dan mematuhi semua proses hukum. “Jadi silakan semua pihak menghormati dan mematuhi proses hukum yang berjalan,” tegasnya.

Dijelaskan Azis, penyelidikan pihak kepolisian atas masalah hukum yang dihadapi oleh Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab, adalah bagian dari upaya mencari fakta hukum. Untuk itu, DPR RI sangat menghormati proses yang sedang berjalan saat ini.

“Jadi proses itu kan, proses pengumpulan, apa, fakta-fakta hukum yang dilakukan dalam proses penyelidikan. Tentu parlemen menghormati proses yang berjalan dalam hal ini pihak-pihak tertentu tentu harus mengikuti prosedur dan mekanisme aturan hukum yang berlaku dalam hukum acara,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Habib Rizieq Shihab tidak memenuhi panggilan Polda Metro Jaya kemarin, Selasa (1/12). Karena tidak hadir di panggilan pertama, Polda Metro Jaya akan melayangkan panggilan kedua kepada Habib Rizieq. (rht)

Comments

comments