DPR Terima Surpres Calon Dubes RI, Ada Nama Terawan

Tangkap layar pernyataan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam konferensi pers daring di Kantor Presiden Jakarta, Senin (14/9)./Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta- Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI telah menerima surat Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pengangkatan 31 nama calon Duta Besar (Dubes) RI.

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan surat berisi 31 nama calon Dubes RI itu telah diterima pimpinan DPR RI pekan lalu.

“Ya (surat presiden berisi nama calon dubes) sudah diterima pimpinan DPR seminggu yang lalu. Ada 31 nama yang direkomendasikan untuk menjadi dubes,” ujar Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Jumat (19/2/2021).

Namun, Dasco enggan mengaku tidak hafal nama-nama calon dubes tersebut. Ia mengatakan nama-nama calon dubes itu pada saatnya akan dibacakan pada rapat paripurna pembukaan masa persidangan mendatang pada 8 Maret 2021.

“Intinya ada 31 duta besar yang namanya tercantum dalam surat tersebut. Saya enggak hafal nama-namanya,” ucap kata Dasco.

Untuk diketahui, beredar daftar nama calon Duta Besar (Dubes) RI di beberapa negara melalui pesan berantai atau broadcast. Dari daftar nama yang beredar tersebut, terdapat nama mantan Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Terawan Agus Putranto yang menjadi calon Dubes RI di Madrid, Spanyol.

Selain nama Terawan, juga ada beberapa nama lainnya seperti Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Roeslani sebagai calon Dubes RI untuk Washington DC, Amerika Serikat (AS).

Politisi PDI Perjuangan (PDIP) Zuhairi Misrawi yang didapuk menjadi calon dubes untuk Kerajaan Arab Saudi.(har)

Comments

comments