Dua Bandara Yogyakarta Antisipasi Lonjakan Pemudik Lebaran

Agus Pandu Purnama.

Acuantoday.com, Yogyakarta – Bandara Internasional Adisutjipto dan Yogyakarta International Airport (YIA) siap mengantisipasi dan siap menghadapi lonjakan penumpang saat mudik Lebaran 2021 mendatang. Sejumlah langkah antisipasi sudah dipersiapkan guna memperlancar jalannya arus mudik tersebut.

Hal itu dikemukakan General Manager Bandara Adisutjipto yang juga PTS GM Bandara YIA Agus Pandu Purnama kepada wartawan di Bandara Adisutjipto, Kamis (25/3/2021).

Dikatakan, jika dilihat secara kapasitas, kedua bandara tersebut telah siap menampung animo masyarakat saat mudik. Hingga saat ini, pihaknya masih menunggu kepastian tentang aturan mudik Lebaran tahun ini dari Pemerintah Pusat. Jika memang diperbolehkan, maka bukan tidak mungkin akan terjadi lonjakan pengguna jasa bandar udara.

“Kalau [persiapan] mudik kita siap. Ada dua bandara, YIA dan Adisutjipto, secara kapasitas kita siap. Nanti memang apabila pemerintah telah memberikan kebijakan masyarakat bisa melaksanakan mudik Lebaran, maka antisipasi kita dari bandara sudah disiapkan termasuk misalkan ada lonjakan penumpang,” kata Pandu.

Bahkan, kata Pandu, kapasitas kedua bandara tersebut sudah sangat cukup apabila terjadi lonjakan penumpang hingga 100 persen.

Pandu menuturkan, salah satu skenario antisipasi lonjakan penumpang di bandara saat mudik Lebaran mendatang yakni penambahan jam operasional jika trafik di bandara mengalami peningkatan.

“Jadi tergantung nanti permintaan dari masyarakat atau pun dari Airlines berapa ada extra flight. Kita akan menyesuaikan jam operasionalnya,” ucapnya.

Untuk saat ini, jam operasional di Bandara Internasional Adisutjipto dimulai pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB. Sementara itu di Bandara YIA, jam operasional berlangsung lebih lama, yakni pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Ditanya mengenai penambahan penerbangan dari beberapa maskapai, Pandu menjelaskan, hingga saat ini masih belum ada. Dimungkinkan para maskapai penerbangan masih akan menunggu kepastian aturan mudik pada 1 April 2021 mendatang.

PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta tengah melakukan vaksinasi Covid-19 yang menyasar seluruh karyawan dan stakeholder yang ada. Penyelenggaraan vaksinasi itu dimulai di Bandara Adisutjipto yang dilakukan kepada sebanyak 856 peserta.

Pandu mengatakan bahwa selain diselenggarakan di Bandara Adisutjipto, vaksinasi juga akan dilakukan di Bandara YIA. Untuk saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan instansi terkait mengenai pelaksanaan vaksinasi tersebut.

“Semua harus divaksinasi karena ini program pemerintah dan kita mendukung untuk vaksinasi. Tanggalnya belum ada, sedang dikoordinasikan. Nanti di YIA sendiri akan lebih banyak yang divaksin sekitar 1.400 orang,” tuturnya.

Pandu berharap dengan vaksinasi di lingkungan bandara itu semua pihak dapat bebas dari virus Covid-19. Walaupun demikian ia selalu mengimbau semua pihak tetap protokol kesehatan nomor satu meski sudah mendapat vaksin Covid-19.

“Jadi kita sekarang divaksin bukan berarti setelah divaksin bebas untuk kemana saja membuka masker dan lain-lain. Tetap setelah vaksin ini kita tetap melakukan 5M. Namun dengan adanya vaksinasi ini paling tidak kita menambah confident untuk seluruh karyawan kita di lingkungan bandara,” tambahnya. (Chaidir)

Comments

comments