Dua Sipir Jadi Tersangka Pelarian Cai Changpan

Kabid Humas Polda Metro Jaya Yusri Yunus.. Foto: Rohman Wibowo/Acuantoday.com

Acuantoday.com, Jakarta- Polri terus mendalami kasus kaburnya terpidana mati Cai Changpan dari Lembaga Pemasyarakatan (Laps) Kelas 1 Tangerang.

Kesaksian dua sipir lapas yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka itu, diharapkan dapat membantu penyidik untuk mengetahui lebih jauh pelarian bandar narkoba asal Tiongkok tersebut.

Ketua Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus, mengatakan dua petugas lapas diyakini membantu pelarian Cai Changpan. Kedua sipir tersebut dikenakan Pasal 426 KUHP.

“Dua pegawai lapas, yang pertama petugas lapas berinsial S dan satu lagi berinisial S adalah pegawai kesehatan di lapas,” ujar Yusri dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Selasa (6/10).

Yusri menerangkan peranan mereka berbeda dalam membantu aksi pelarian. Tersangka S selaku sipir lapas diduga menyediakan alat bantu untuk Cai guna menggali tanah dalam sel. Sedangkan, tersangka S berstatus PNS kesehatan bertugas menyiapkan pompa air yang dipergunakan Cai untuk memompa hasil galiannya.

“Dan memang setiap hari keduanya menyimpan barang tersebut dan setelah selesai menggunakan, kemudian disimpan selama hampir delapan bulan,” jelas Yusri.

Kepada polisi, kedua tersangka mengaku mendapat imbalan Rp100 ribu dari Cai. Kendati begitu, Yusri menambahkan akan menyelidiki lebih lanjut modus pelarian Cai dari kedua tersangka.

Yusri menerangkan pihaknya masih mengejar Cai. Diduga kuat yang bersangkutan lari ke dalam hutan di Tenjo, Kabupaten Bogor.

“Ada saksi mata yang melihat dia keluar dari hutan untuk beli makanan. Ada juga yang lapor menemukan setumpuk barang tertinggal di sebuah pondokan di hutan, tapi masyarakat tidak tahu dia DPO,” ungkap Yusri.

Sebelumnya diketahui, Cai Changpan melarikan diri pada 14 September 2020 dini hari. Dari hasil penyidikan, diketahui pula yang bersangkutan kabur dengan cara menggali tanah di selnya sejak 8 bulan belakangan hingga berhasil menebus ke gorong-gorong di luar lapas.(rwo)

Comments

comments