Dubes Inggris Sesalkan Mundurnya Tim Indonesia

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins. /Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta―Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins, menyayangkan mundurnya tim Indonesia dari turnamen All England 2021 terkait dugaan Covid-19.

Ia menyampaikan rasa simpati dan mengatakan pihaknya tengah melakukan koordinasi untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut.

“Keputusan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang tidak mengizinkan Indonesia berpartisipasi dalam Turnamen Bulu tangkis All England demi pencegahan Covid-19 sangat disayangkan,” kata Dubes Jenkins dalam pernyataan tertulis Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Kamis ( 18/3).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, BWF memutuskan untuk menarik partisipasi tim Indonesia dari turnamen All England setelah otoritas kesehatan Inggris (NHS) mengetahui terdapat seseorang yang dikonfirmasi positif Covid-19 dalam pesawat yang sama dengan yang ditumpangi tim Indonesia dalam penerbangan dari Istanbul ke Birmingham pada 13 Maret 2021.

Dubes Jenkins menyayangkan tim Indonesia yang tidak terwakilkan dalam gelaran All England tahun ini, dalam kompetisi bulu tangkis ternama di tingkat dunia.

“Indonesia memiliki beberapa atlet bulu tangkis yang paling berbakat dan digemari di sirkuit bulu tangkis. Meskipun kita semua sangat ingin menonton aksi mereka di turnamen ini, saya sangat bersimpati terhadap para atlet bulu tangkis Indonesia yang terdampak,” ujarnya.

Meski menyayangkan situasi tersebut, Jenkins mengatakan, dalam situasi dunia saat ini, negara-negara di dunia harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Sebagaimana yang juga dilakukan oleh Inggris dan Indonesia, dan aturan-aturan tersebut diterapkan secara adil dan transparan.”

Menurut dia, penerapan ketat protokol kesehatan juga telah membawa dampak serupa bagi berbagai cabang olahraga lain seperti sepak bola, tenis, hoki, bola basket, dan rugby.

“Aktivitas olahraga yang dapat terus berlanjut adalah suatu hal yang luar biasa. Kita semua dapat merasa terhibur di masa pandemi ini. Namun sangat penting untuk memprioritaskan keselamatan terutama di saat COVID-19 masih bersama kita,” paparnya.

Ia juga mengatakan, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait di Inggris untuk melihat apakah ada yang dapat dilakukan untuk menjadi solusi dari permasalahan ini. (pri)

Comments

comments