Dukung RUU BIP, Begini Alasan Golkar

Ilustrasi - Pancasila. (Foto : Antara)

Acuantoday.com, Jakarta―Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Firman Subagyo mengakui fraksi Golkar mendukung penuh Rancangan Undang-Undang (RUU) Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), sebagai penguatan Pancasila. 

“Yang diinginkan Partai Golkar adalah kelembagaannya itu yang diperkuat, tugas fungsi kelembagaan diperkuat. Karena apa? karena ideologi Pancasila itu adalah di atas segala-galanya,” kata Firman Soebagyo dalam keterangan tertulis, Senin (18/1).

Menurut Firman, dukungan terhadap RUU BPIP merupakan salah satu langkah atas pembubaran BP7 dan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4). 

Bahkan, pembubaran P4 buat Firman adalah kecelakaan politik karena ideologi Pancasila itu harus diterapkan terus menerus.

“Ideologi Pancasila itu harus diterapkan terus menerus dan dilakukan pembelajaran terus menerus, pendalaman, dan diimplementasikan apa yang dinamakan ideologi Pancasila kita sila 1,2 3,4,dan 5 itu,” ucapnya.

Kendati demikian, Partai Golkar menolak jika isi RUU BPIP nantinya sama dengan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP), yang sebelumnya sempat mendapat penolakan dari masyarakat. Firman mengatakan, RUU HIP tidak sejalan dengan apa yang diinginkan Partai Golkar.

“Kemarin yang di undang-undang lama, di RUU HIP itu masuknya kemana-mana, sudah mengatur ke sektor pembangunan,” jelasnya. (rht)

Comments

comments