Eks Sekretaris MA dan Menantunya Segera Disidang

Acuantoday.com, Jakarta- Sidang dakwaan kasus korupsi eks Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi dan menantunya Rezky Herbiyono bakal digelar dalam waktu dekat.

Kepastian itu dipeoleh setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyerahkan berkas perkaranya ke jaksa penuntut umum.

“Hari ini tim penyidik KPK melaksanakan tahap II (Penyerahan tersangka dan barang bukti) tersangka atau terdakwa NHD dan RHE kepada Tim JPU KPK,” kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri di Jakarta, Selasa (29/9).

Dengan begitu, sambung Ali, pelimpahan kasus ini menjadikan kedua tersangka secara otomatis berada di bawah otoritas JPU selama 20 hari, terhitung mulai dari Selasa (29/9) sampai Minggu (18/10).

“JPU memiliki waktu 14 hari kerja untuk segera menyusun surat dakwaan dan melimpahkan berkas perkara para terdakwa ke PN Tipikor,” ujar Ali.

Kendati begitu, Ali menegaskan kedua tersangka tetap ditahan di rutan KPK. Nurhadi dikurung di Rutan Cabang KPK C1 dan begitu pun menantunya.

Ali menambahkan, dalam proses penyidikan, pihaknya sudah memeriksa 167 saksi.

Sebelumnya, Nurhadi dan menantunya ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait penanganan perkara sengketa antar perusahaan di MA.

Awal kasus korupsi ini terkait pengurusan perkara perdata PT Multicon Indrajaya Terminal vs PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero) pada medio 2011. Nurhadi melalui menantunya diduga telah menerima janji dalam bentuk sembilan lembar cek dari PT MIT serta suap/gratifikasi dengan total Rp 46 miliar.(rwo/har)

Comments

comments