Empat Langkah Menuju Pusat Data Nasional

Ilustraso-Ruang server berkapasitas besar./Foto: Istimewa

Acuantoday.com, JAKARTA―Pemerintah telah menyusun empat langkah strategis untuk mewujudkan Pusat Data Nasional (PDN).

PDN sangat diperlukan agar transformasi digital di Indonesia dapat berjalan mulus. Seperti ditekankan Presiden Joko Widodo, PDN menjadi satu dari lima arahan kebijakan melalui Pidato Kenegaraan yang disampaikan pada 14 Agustus 2020.

Empat langkah untuk mewujudkan PDN itu, adalah pertama, penyediaan legislasi dalam hal ini UU dan turunannya.

“Regulasi diperlukan untuk memberikan kepastian hukum bagi pemangku kepentingan yang terlibat terutama K/L di berbagai sektor,” kata kata Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail, dalam Webinar tentang Peran Standardisasi dalam Pembangunan Infrastruktur Pusat Data di Indonesia, dari Jakarta, Rabu (23/9).

Menurut Dirjen Ismail, melalui regulasi, Kementerian/Lembaga terkait mempunyai confidence untuk melakukan eksekusi terhadap implementasi PDN.

“Langkah kedua adalah penyiapan infrastruktur dan tata kelola yang layak diperlukan agar PDN dapat terwujud. Hal ini dimaksudkan agar pelayanan publik akan menjadi semakin efisien dan dapat dimanfaatkan untuk perumusan kebijakan publik,” jelasnya.

Sementara itu upaya ketiga, menurut Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo dengan menyusun ketentuan teknis standar data dan teknis. Dua bagian tersebut penting untuk PDN karena data yang tidak standar akan memberikan kesulitan dalam pemanfaatannya.

“Begitu juga standar proses diperlukan untuk memberikan pedoman bagi K/L sektor terkait,” ujarnya

Adapun upaya keempat berkaitan dengan peningkatan kesadaran dan kualitas SDM. Menurut Dirjen SDPPI Kominfo, peningkatan kesadaran diperuntukan bagi semua pihak yang terlibat, 

“Semua pihak harus aware dan mampu untuk melakukan eksekusi yang meliputi metedologi, proses, budaya dalam pusat data nasional dan pemanfaatannya,” imbuh Dirjen Ismail. (ahm)

Comments

comments