Festival Memancing di Danau Chagan yang Membeku

Festival memancing di Danau Chagan di Kota Songyuan, Provinsi Jilin, Cina--- foto icefestivalharbin.com

Acuantoday.com— Festival wisata dengan tema memancing di musim dingin dibuka pada Senin (28/12) di Danau Chagan, salah satu danau air tawar terbesar di China, untuk merayakan tradisi lokal memancing di es yang tetap dilestarikan selama berabad-abad.

Acara tahunan tersebut secara resmi dimulai pada Senin (28/12) pagi setelah upacara pembukaan, dengan para nelayan pria dan wanita setempat berdoa mengharap berkah dari Alam dan menggunakan teknik tradisional untuk menangkap kelompok ikan pertama di musim dingin ini.

Hampir 10.000 wisatawan dari seluruh negeri menghadiri upacara itu, meskipun suhu berada di bawah minus 20 derajat Celcius di permukaan danau yang membeku.

Selama berabad-abad, para nelayan pria dan wanita yang tinggal di tepi danau itu di Kota Songyuan, Provinsi Jilin, China timur laut, tetap mempertahankan tradisi memancing di es, yakni melubangi lapisan es tebal dengan tangan dan memasang jaring di bawahnya untuk menangkap ikan. Teknik tersebut telah terdaftar sebagai bentuk warisan budaya takbenda tingkat nasional.

“Danau Chagan menghasilkan hampir 1.500 ton ikan setiap tahun,” tutur Zhang Wen, seorang nelayan veteran yang memimpin upacara pembukaan. “Dengan perbaikan ekologi di danau tersebut, ikan menjadi lebih gemuk.”

Serangkaian kegiatan budaya seperti pengamatan ikan dan salju akan diadakan selama gelaran festival itu, yang berlangsung hingga 28 Februari tahun depan.***dian/xinhua/ant

Comments

comments