Fokuskan Bansos pada Rakyat Miskin agar Jaga Daya Beli

Bantuan sosial berupa sembilan bahan pokok (sembako) dari pemerintah.

Acuantoday.com, Jakarta- Penurunan indeks harga konsumsi pada kurun tiga bulan berturut-turut selama triwulan III-2020 menandakan daya beli masyarakat belum pulih atau masih sangat lemah.

Untuk itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong pemerintah segera membuat terobosan baru sebagai langkah antisipatif untuk menjaga daya beli masyarakat.

“Pemerintah harus meningkatkan dan fokus dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) kepada kelompok masyarakat miskin dan rentan miskin agar daya beli masyarakat tidak semakin tergerus,” saran Bamsoet di Jakarta, Sabtu (3/10).

Peningkatakan bansos dimaksud, menurut Bamsoet khususnya terhadap komoditas pangan, ketersediaan dan pasokan di pasar dengan tetap memastikan harga komoditas tetap stabil mengingat kondisi resesi akan mempengaruhi daya beli.

Selain menyasar masyarakat miskin dan rentan miskin, fokus penyaluran bansos juga menyasar pada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar mampu secara perlahan untuk bangkit.

Langkah lain untuk menjaga daya beli masyarakat, menurut mantan Ketua DPR RI ini adalah merumuskan strategi jitu dan program pemerintah yang sudah berjalan saat ini lebih dioptimalkan lagi.(ian)

Comments

comments