Viral Potongan Video Rizieq Ditendang Polisi, FPI Pastikan Itu Tak Benar

Muhammad Rizieq Shihab (tengah) bersiap menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/12/2020)./Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta―Sebuah potongan video pendek viral beredar media sosial. Banyak warganet menduga, seorang anggota polisi berpakaian lengkap bersenjata seakan menendang Rizieq Shihab saat akan memasuki mobil.

Menanggapi hal itu, pakar hukum tata negara Refly Harun mengaku telah menyaksikan video tersebut dan memastikan bahwa Habib Rizieq tidak ditendang. 

“Saya juga melihat videonya. Tetapi saya mendapatkan WA dari grup, berisi semacam sebuah klarifikasi,” kata Relfy Harun di chanel YouTubenya, Sabtu (16/1).

Menurut mantan Komisaris PT. Pelindo II itu, klarifikasi terkait video tersebut disampaikan langsung oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) FPI bahwa aparat kepolisian tidak menendang Habib Rizieq. 

Menurut mereka, kata Refly, sepatu polisi itu berat sehingga ketika akan naik ke dalam mobil, dia harus mengayunkan kakinya agar bisa masuk ke dalam mobil sehingga terlihat seperti menendang.

“‘Tapi, karena yang dipakai polisi itu berat jadi dia ambil ancang-ancang dan terkesan nendang HRS. Mohon maaf semuanya, saya sudah mendapat klarifikasi dari FPI jika IB HRS tidak ditendang’,” ucapnya.

Untuk itu, ia meminta, isu ini jangan sampai membesar dan menjadi liar. 

“Jadi sudah ada klarifikasi bahwa tidak ditendang,” sambungnya.

Dalam video tersebut, Refly mengaku dirinya merasa lega karena ternyata narasi yang beredar di masyarakat dengan situasinya yang sebenarnya berbeda.

“Jadi ini melegakan. Karena kalau sampai ditendang, waduh, ini luar biasa. Sekali lagi saya mengatakan, siapapun, tidak hanya Habib Rizieq, itu harus tetap dihormati,” tutupnya. (rht)

Comments

comments