Fraksi Demokrat Desak Pemerintah Sikapi Tegas Makar Benny Wenda

Dokumentasi - Benny Wenda. (Foto : Istimewa)

Acuantoday.com, Jakarta- Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Irwan Fecho mendesak Presiden Joko Widodo tegas terhadap sikap Benny Wenda bersama kelompoknya, Gerakan Persatuan Pembebasan untuk Papua Barat mendeklarasikan kemerdekaan Papua Barat.

“Menyayangkan sikap Presiden yang belum merespon langsung deklarasi tersebut dengan pernyataan dan tindakan yang tegas guna menegakkan kedaulatan NKRI,” kata Irwan Facho lewat keterangan tertulisnya, Kamis (3/12).

Irwan Fecho menyarankan Pemerintah untuk mengambil langkah cepat untuk menghentikan aksi provokasi di tengah-tengah masyarakat Papua dan Papua Barat.

“Tentu saya mendesak keras Pemerintah segera menghentikan aksi provokasi tersebut, agar masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Papua Barat dapat hidup tenang dan damai tanpa isu-isu liar yang mengancam disintegrasi bangsa,” ucapnya.

Anggota Komisi V DPR RI ini menegaskan, wilayah Papua dan Papua Barat adalah bagian dari kedaulatan NKRI. Untuk itu, Pemerintah harus tegas kepada Benny Wenda yang kembali membuat ulah, hingga kondisi masyarakat Papua Barat kembali terganggu.

“Papua Barat adalah bagian dari kedaulatan NKRI yang sah dan tidak boleh diklaim dan digangu gugat pihak manapun termasuk Benny Wenda. Masyarakat Papua Barat menjadi bagian seluruh rakyat Indonesia dan menolak adanya provokasi pemisahan dari negara Indonesia,” tegasnya.

Atas dasar itu, politisi Partai Demokrat ini mendorong Pemerintah untuk menghadirkan pemerataan pembangunan di Papua Barat dan Papua secara keseluruhan. Karena buat Irwan, nilai Pancasila sebenarnya adalah kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

“Saya juga mendorong pemerintah terus hadirkan pemerataan dan percepatan pembangunan di Papua Barat dan Papua. Kemajuan dan kesejahteraan yang berkeadilan di tanah air merupakan jalan persatuan bangsa ini. Itulah sejatinya perwujudan dari nilai-nilai Pancasila,” pungkasnya. (rht)

Comments

comments