Gai Tod Thai Chicken Marinade

Gai Tod Thai Chicken Marinade---Courtesy of Shayn Prapaisilp/eatthis.com

Acuantoday.com— Kebanyakan masyarakat Indonesia suka ayam goreng. Tak heran kalau menu ini dengan berbagai variannya, mudah dijumpai di berbagai tempat, mulai dari restoran elite hingga penjual makan kaki lima, pasti ada ayam gorengnya.

Nah kali ini resepnya khusus untuk penggemar ayam goreng. Bagaimana kalau kita mencoba resep ayam goreng ala Thailand yang punya rasa asam, manis, gurih dan renyah, ‘Gai Tod Thai Chicken Marinade’. Resep ini dikutip dari eatthis.com.

Menurut eatthis.com, resep yang dipublikasi di webnya adalah milik Shayn Prapaisilp, pemilik restoran Thailand Chao Baan di St. Louis. Resep ini menekankan pada bumbu yang dibaluri pada sayap ayam sebelum digoreng.

“Bumbunya adalah campuran dari empat rasa penting masakan Thailand: manis, asam, asin, dan pedas,” kata Prapaisilp yang tinggal di Thailand Selatan. Tepung yang digunakan adalah tepung beras.

Berikut resepnya.

BAHAN

1 pon sayap ayam

1 sdm biji ketumbar kering

1 sdm lada putih (pengganti lada hitam jika lada putih tidak tersedia)

4 siung bawang putih

3 sdm Kecap Thailand Golden Mountain

1 sdt kecap Thailand pekat

1/4 sdt garam

1/4 gelas air

Tepung beras

CARA MEMBUAT

1.Tumbuk bahan kering (biji ketumbar kering, lada hitam, lada putih, dan siung bawang putih) dengan lesung dan alu hingga halus. Anda juga bisa menggunakan food processor.

2.Tambahkan bahan basah (kecap Thailand, kecap hitam, garam, dan air) ke dalam pasta dan aduk. Tuang saus marinade di atas sayap ayam dan diamkan (tertutup) selama beberapa jam, idealnya semalaman.

3.Iris tipis 4 bawang merah dan goreng hingga keemasan dan renyah. Bawang merah akan menjadi topping untuk ayam Anda.

4.Angkat sayap ayam dari bumbu rendaman, balur  dengan tepung beras dan goreng 4-6 menit hingga kecokelatan dan renyah. Sajikan dengan ketan dan saos cabe manis Thailand untuk dicelupkan.***dian

Comments

comments