Ganjar Bersepeda Keliling Pantau Pencoblosan di Sejumlah TPS

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama istri dan anaknya, menggunakan hak pilihnya di TPS 02 Gajahmungkur, Semarang./Foto: Istimewa

Acuantoday.com, Semarang―Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sudah menunaikan hak pilihnya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di TPS 02 Gajahmungkur, Kota Semarang Rabu (9/12/20) pagi.

Ganjar bersama istri dan anaknya datang pada pukul 07.30 WIB menggunakan sepeda. 

Bersama sang istri, Siti Atikoh, Ganjar nampak tertib mengikuti aturan protokol kesehatan yang berlaku di TPS tempatnya memilih. Saat datang, Ganjar langsung diadang petugas Hansip dan diminta cuci tangan, cek suhu tubuh serta diberikan sarung tangan plastik.

“Siap ndan, njenengan sudah seperti Danramil,” kelakar Ganjar pada petugas Hansip itu, seperti dilaporkan kontributor Acuantoday.com dari Semarang.

Setelah itu, Ganjar dan keluarga langsung menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan.

Usai memasukan surat suara ke dalam kotak, ia pun mendapat tetesan tinta dari petugas TPS dan mengapresiasi karena pada kali ini tinta diteteskan supaya lebih steril. 

“Oh, ini tintanya diteteskan ya.  Bagus ini, tidak dicelup, jadi aman,” ujar Ganjar.

Setelah mencoblos, Ganjar dan Atikoh melanjutkan gowes pagi berkeliling Kota Semarang seperti rutinitas biasanya karena keduanya gemar bersepeda. 

Politikus PDI Perjuangan ini juga menyempatkan berhenti di setiap TPS yang dilewati. Dengan teliti, Ganjar mengecek pelaksanaan pemilihan serentak dengan protokol kesehatan yang ketat.

Sejumlah TPS yang dicek Ganjar diantaranya TPS 10 Kelurahan Gajahmungkur, TPS 11 Kelurahan Karangrejo, TPS 10 Kelurahan Karangrejo Tengah dan TPS 1 Kelurahan Pandansari.

“Bagus ini, enggak berkerumun. Petugas jangan capek cerewet ya. Kalau ada kerumunan langsung dibubarkan,” pesan Ganjar pada setiap petugas TPS yang diampiri.

“Kalau begini bagus, flow-nya jadi tertata. Kalau ini terjaga sampai selesai, insyaallah aman. Makanya kalau semua sudah melihat surat undangannya itu disana ada jamnya, maka aman,” imbuhnya. 

Terakhir, Ganjar berpesan kepada semua petugas TPS yang ia kunjungi untuk tegas pada saat penghitungan suara, dengan tidak mengizinkan kerumunan. 

“Saat penghitungan nanti, saya minta tegas. Jangan takut, karena kita semuanya sudah sepakat. Dengan partai sepakat, penyelenggara sepakat dan Pemda serta kepolisian mensuport. Kalau ada kerumunan, langsung dibubarkan saja,” pungkasnya. (alvin)

Comments

comments