Ganjar Puncaki Elektabilitas, Pengamat: Jangan Terpaku pada PDIP

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. ?Foto : Hardianto

Acuantoday.com, Jakarta―Elektabilitas Gubernur Jawa Barat Ganjar Pranowo terus meningkat menuju Pilpres 2024. Setidaknya, beberapa lembaga survei menunjukkan hal itu.

Namun begitu, kemungkinan kecil Ganjar akan diusung oleh partainya PDI Perjuangan di Pilpres 2024. Untuk itu, Ganjar disarankan tidak terpaku pada PDIP.

“Ganjar perlu membuka komunikasi politik dengan partai lain, salah satunya dengan Nasdem,” kata pengamat politik Jerry Massie dalam keterangannya, seperti diterima Acuantoday.com, Jumat (30/10).

Akhir pekan lalu, lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei yang menyebut elektabilitas Ganjar berada di posisi puncak dengan meraih suara sebesar 18,7 persen.

Posisi ini diatas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendapat dukungan suara responden sebesar 16,8 persen, sementara Anies meraih 14,4 persen.

“Saya melihat Ganjar akan menjadi gubernur selain Anies dan Ridwan Kamil yang bersinar di 2024,” kat dia.

Menurut Jerry, dengan elektabilitas paling tinggi saat ini, sangat mungkin Ganjar akan dicalonkan oleh partai lain.

Saat ini, kata Jerry, partai politik yang baik dalam ramalan politik terhadap gugus yang berpotensi menang adalah Nasdem.

Nasdem, menurutnya, memiliki keahlian menerawang peluang dan ramalan politik figur yang potensial untuk menang.

Ia mencontohkan, seperti Ridwan Kamil di Jabar, kemudian di Sulteng dan banyak kepala daerah yang diusung Nasdem merupakan kader partai lain, tapi memiliki potensi menang.

“Bisa saja 2022 atau 2023 Nasdem akan publish Ganjar sebagai calon mereka,” tutupnya. (rht)

Comments

comments