Ganjar Sampaikan Penanganan Covid ke Luhut

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo usai Rakor dengan Menko Marivest Luhut Binsar Pandjaitan secara virtual terkait penanganan Covid-19./Foto: Acuantoday.com (Alvin)

Acuantoday.com, Semarang―Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan, Asrama Haji Donohudan (AHD) di Boyolali dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Jateng di Semarang, saat ini sudah mulai aktif digunakan untuk pasien Covid-19.

Dua tempat isolasi yang terpusat Jawa Tengah itu, mayoritas digunakan pasien Covid-19 yang tidak memiliki gejala atau Orang Tanpa Gejala (OTG).

Alhamdulillah, sekarang berjalan. Donohudan mulai diisi, BPSDMD mulai diisi, yang sudah sembuh ya langsung kembali gitu ya. Sekarang lebih bisa enak dan terpusat,” ujar Ganjar usai Rakor dengan Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan terkait Penanganan Covid-19 via Zoom.

Rakor yang diikuti Ganjar di Ruang Kerja Gubernur, Senin (14/12) itu, juga dihadiri oleh daerah lain, seperti Jateng, Jabar, DKI Jakarta dan Jatim.

Pria yang identik dengan rambut putihnya ini, pada kesempatan itu menyampaikan, Provinsi Jateng akan menambah fasilitas isolasi dan ICU yang ada di rumah sakit seperti tempat tidur isolasi maupun tempat tidur di ruang ICU-nya.

“Sehingga kalau kemudian mereka sudah parah di rumah sakit itu, rumah sakitnya lebih mampu. Tapi seandainya mereka tanpa gejala, kita pusatkan saja di situ sehingga penanganannya akan lebih gampang,” tegas Ganjar.

Selain itu, tegas Ganjar, tenaga kesehatan di Jawa Tengah juga akan ditambah, melibatkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Politikus PDI Perjuangan ini juga tidak menutup kemungkinan bahwa ke depan aset milik Pemprov Jateng seperti hotel juga akan digunakan sebagai tempat isolasi terpusat pasien Covid-19.

“Nah tadi ada penawaran, seumpama kasus di Jabar karena banyak tempat diklat dari TNI tadi pak KASAD juga menawarkan itu bagus. Maka di tempat ini (hotel milik Pemprov Jateng-red) juga kita bisa buat backup itu,” pungkas Ganjar. (alvin)

Comments

comments