Ganjar Setuju Asrama Haji Jateng Jadi Tempat Isolasi Pasien COVID

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)

Acuantoday.com, Semarang- Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo menyambut baik rencana dan keinginan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo yang ingin menjadikan Asrama Haji Donohudan, Boyolali sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.

Sebelumnya, Asrama Haji Donohudan merupakan tempat transit jamaah haji asal Jawa Tengah sebelum berangkat ke Tanah Suci. Di tengah pandemi Covid-19, aktifitas di tempat tersebut cukup lenggang karena di tahun 2020 Pemerintah Indonesia memutuskan tidak memberangkatkan jamaah haji.

Dengan kondisi tersebut, FX Hadi Rudyatmo ingin Asrama Haji Donohudan dijadikan tempat isolasi pasien Covid-19 di Solo Raya setelah tempat isolasi di rumah sakit yang ada di Solo penuh.

Menurut Ganjar, ia tidak masalah dan memang sudah mempersiapkan Asrama Haji Donohudan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.

“Oke, kalau saya oke saja. Donohudan itu memang kita siapin kok, oke saja kalau mau dipakai. Hotel ada, Donohudan juga ada. Umpama Solo mau pakai, masuk nanti sore. Nggak usah lama-lama,” ujar Ganjar ditemui di rumah dinasnya, Rabu (2/12/2020).

Politikus PDI Perjuangan ini sebelumnya juga sempat mendorong seluruh kabupaten dan kota di Jawa Tengah untuk menyiapkan tempat isolasi terpusat. Bahkan sebelum Rabu depan, Ganjar ingin semua kabupaten dan kota di provinsi yang ia pimpin sudah memiliki tempat isolasi pasien Covid-19 secara terpusat.

“Kan memang lebih baik terpusat, daripada isolasi di rumah. Soalnya isolasi di rumah kalau tidak memenuhi syarat, justru menjadi klaster rumah tangga. Dan sekarang, klaster rumah tangga itu menjadi klaster tertinggi di Jateng,” tandas Ganjar.(Alvin)

Comments

comments