Geger Sipil Pakai Mobil TNI, Pemilik Jalani Pemeriksaan

Mobil bermerek Toyota Fortuner bernomor registrasi Puspomad 3688-34. Namun, ternyata mobil tersebut digunakan oleh warga sipil bernama Suherman Winata alias Ahon./Foto : Antara

Acuantoday.com, Jakarta- Komandan Pusat Polisi Militer TNI Angkatan Darat (Puspomad), Letjen Dodik Wijanarko menyatakan akan mengusut tuntas penggunaan mobil dinas TNI oleh warga sipil.

Persoalan klasik ini kembali geger dan menjadi buah bibir di media sosial beberapa hari terakhir.

“Dari hasil pemeriksaan, nomor registrasi tersebut dipinjampakaikan Puspomad kepada Kolonel CPM (Purnawirawan) Bagus Heru Sucahyo. Puspomad meminjamkan nomor registrasi tersebut mulai 2017 hingga saat ini,” ujar Dodik dalam keterangan tertulis, Minggu (4/10).

Dodik menjelaskan mobil bermerek Toyota Fortuner bernomor 3688-34 itu merupakan nomor registrasi milik Puspomad. Tetapi kendaraan tersebut bukanlah kendaraan organik Puspomad.

Oleh karena itu, Puspomad telah memanggil Bagus Heru Sucahyo dan yang bersangkutan akan memenuhi panggilan pada Senin 5 Oktober 2020 untuk dimintai keterangan, serta memperlihatkan kelengkapan surat kendaraan berupa BPKB dan STNK.

Menurut Dodik, para purnawirawan PM seperti Heru masih mendapat izin pinjam pakai nomor registrasi dinas. Dengan syarat hanya digunakan dalam batas waktu dan kapasitas tertentu serta tidak boleh digunakan oleh sembarang orang selain yang bersangkutan.

Sebelumnya pada 2 Oktober kemarin, beredar video di media sosial berdurasi 2 menit 8 detik yang merekam mobil dinas AD tersebut. Mobil tersebut terparkir di sebuah warung makan masakan Padang. Pria yang keluar dari mobil dinas itu mengenakan kemeja putih dan celana pendek.

Orang yang merekam video itu sempat menanyakan kepemilikan mobil dan identitas. Kemudian yang bersangkutan mengatakan mobil tersebut adalah miliknya hingga sempat mengaku sebagai anggota TNI aktif.

Tapi diketahui belakangan setelah pemeriksaan oleh Puspomad, ternyata orang yang mengaku personel TNI tersebut merupakan warga sipil. Yang bersangkutan atas nama Suherman Winata alias Ahon dan kini tengah menjalani proses pemeriksaan lanjutan.(rwo/har)

Comments

comments