Gerakan ULMWP dan Teror Sigi Tak Pengaruhi Pilkada Serentak

Warga Papua saat memberikan suaranya di tempat pemungutan suara. Minggu (27/9) Polda Papua mengharapkan rakyat Papua dapat mematuhui dan taat pada protokol kesehatan (prokes) penanganan COVID-19 serta terus menggemakan Pilkada Serentak 2020 yang damai./Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta- Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin memastikan gerakan Benny Wenda Cs yang mendeklarasikan kemerdekaan Persatuan Pembebasan Papua Barat atau The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), dan aksi teror di Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng) tidak mempengaruhi proses tahapan Pilkada, hingga pencoblosan pada, 9 Desember 2020 nanti.

“Sampai saat ini kondisi dalam rangka pilkada masih bisa berlangsung secara aman,” kata Azis Syamsuddin dalam keterangan tertulis, Jumat (4/12).

Dikatakan Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini, laporan dari pihak penyelenggara Pemilu, baik itu Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) maupun pihak Gakkum telah melakukan langkah antisipasi atas dua kejadian tersebut.

“Prediskinya gitu dan laporan-laporan dari aparatur penyelenggara, KPU, Bawaslu, DKPP dan pihak gakkum telah siap untuk mengantisipasi,” ucapnya.

Azis Syamsuddin yakin betul dengan kekuatan doa masyarakat kepada Pemerintah dan penyelenggara Pemilu agar proses tahapan hingga waktu pencoblosan di Pilkada serentak ini berjalan dengan baik, dan profesional.

“Dan pelaksanaan 9 Desember ini, insyaallah, berkat dukungan doa kita semua, khususnya dari Tuhan, kita bisa insyaallah terlaksana tanggal 9 Desember ini terlaksana dengan baik untuk secara profesional,” yakin Azis.

Diketahui, Benny Wenda bersama kelompoknya pada, Selasa 1 Desember kemarin mendeklarasikan Pemerintahan negara Papua Barat atau ULMWP. Selain itu, aksi teror oleh Mujahid Indonesia Timur (MIT) di Sigi, Sulteng memakan empat korban jiwa dan harta. Kejadian ini diprediksi akan mengganggu proses pelaksanaan Pilkada, namun hal itu ditepis oleh DPR dan penyelenggara Pemilu. (rht)

Comments

comments