Gibran-Teguh Jalani Tes Kesehatan di RS Moewardi

Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakoso / Foto: Antaranews

Acuanbtoday.com, Surakarta- Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakoso menjalani tahapan tes kesehatan calon kepala daerah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Moewardi, Surakarta, Selasa (8/9/2020) yang telah ditunjuk secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Selain Gibran, bakal calon dari jalur independen Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) tiba terlebih dahulu di RS Moewardi.

Gibran yang menggunakan kemeja warna putih celana kain warna hitam langsung masuk ke dalam ruang tunggu yang telah disiapkan. Kemudian, sekira pukul 07.19 WIB, pasangan Gibran, Teguh Prakoso tiba di RSUD.

Tes Kesehatan di RSUD dr Moewardi dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama diikuti 11 pasang bakal calon dari lima daerah. Kota Surakarta dua pasang, Kabupaten Sukoharjo dua pasang, Kabupaten Wonogiri dua pasang, Kota Magelang dua pasang dan Kabupaten Blora tiga pasang. Sedangkan gelombang kedua dijadwalkan pada 14 September mendatang.

“Gelombang kedua nanti diikuti oleh Kabupaten Boyolali, Sragen, dan Grobogan,” kata Kasub Bagian Hukum dan Humas RSUD dr Moewardi, Eko Haryati.

Sebelum menjalani tes kesehatan bakal paslon harus menunjukkan surat keterangan bebas Covid-19 dibuktikan dengan tes RT-PCR dengan hasil negatif. Jika bakal peserta Pilkada dinyatakan positif Covid-19, mereka dapat mengikuti tes kesehatan gelombang kedua.

Tes kesehatan meliputi tiga lingkup yaitu jasmani, rohani, dan bebas narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN). “Khusus wanita ada pemeriksaan obstetri dan ginekologi,” terang Eko.(har)

Comments

comments