Gubernur Papua Barat Dukung Penuh Program Petani Milenial Indonesia

Suasana pertemuan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, dengan Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar, di Kantor Gubernur, di Manokwari, Kamis (4/2)

Acuantoday.com, Manokwari  – Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, mendukung sepenuhnya program Petani Milenial Indonesia yang digagsas oleh Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar.

Dukungan itu disampaikan Mandacan saat bertemu dengan Billy, di kantornya, di Manokwari, Kamis (4/2).

Seusai pertemuan, Billy menuturkan, Gubernur Mandacan, merespon positif dan akan mengerahkan semua sumber daya untuk mendukung program Petani Milenial Indonesia.

“Bapak Gubernur sangat antusias dengan program ini. Bahkan tadi beliau sudah menyebut beberapa komoditas Papua Barat yang bisa dikembangkan lewat program ini,” ujar Billy.

Dia menjelaskan, Petani Milenial Indonesia adalah program yang menyasar kaum muda untuk diprovakasi dan dibimbing menjadi wirausahawan (entrepreneur)  di bidang pertanian.

“Program ini adalah program pemberdayaan ekonomi, bagian dari gerakan Papua Muda Inspiratif,” katanya.

Billy menyebut ada empat klaster peserta dalam program ini yakni From zero to new farmer, Farmer to enterpreneur,  Enterpreneur to technopreneur dan Technopreneur to exporter.

“Jadi tidak semua harus memulai dari nol. Ada peserta yang berangkat dari klaster kedua atau ketiga, misalnya. Tergantung apa yang sudah mereka lakukan sejauh ini,” kata Billy.

Selain program Petani Milenieal Indonesia, menurut Billy, Gubernur Mandacan juga siap mendukung beberapa program lain yang akan digulirkan di Papua Barat.

“Tadi juga saya paparkan beberapa program lain, misalnya pengembangan pariwisata terintegrasi dan pendidikan untuk orang asli Papua (OAP) dengan konsep asrama, “ ujar pria kelahiran Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, itu. (Bram)

Comments

comments