Gus Nabil Ajak TNI Bersinergi Lawan Pandemi COVID

Anggota DPR RI Muchamad Nabil Haroen alias Gus Nabil (kopiah hitam) bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Terawan disela-sela rapat kerja di Gdung DPR. /Foto : Antara

Acuantoday.com, Jakarta- Fungsi Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai lembaga pertahanan negara dinilai akan makin kuat apabila mampu bersinergi dengan semua elemen masyarakat dalam melawan pandemi COVID-19.

Memasuki usianya yang ke-75 tahun, Tentara Nasional Indonesia (TNI) dinilai makin matang dalam menjaga wilayah pertahanan negara.

“Pada masa pandemi ini, TNI bersama Polri merupakan ujung tombak untuk menjaga keamanan sekaligus membantu menguatkan penanganan pandemi,” ucap Anggota DPR RI, Muchamad Nabil Haroen (Gus Nabil)
di Jakarta, Senin (5/10).

Penegasan disampaikan Gus Nabil yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama (NU) memperingati HUT ke-75 TNI yang diperingati tiap tanggal 5 Oktober.

Ia mengingatkan bahwa TNI merupakan bagian integral dari perjuangan menjaga kedaulatan Indonesia. “Perjuangan dan pengabdian TNI untuk menjaga bangsa ini sangat besar,” kata politikus PDI Perjuangan itu.

Kolaborasi dengan Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, lanjut dia, dalam proses menjaga Indonesia juga menjadi contoh konkret bagaimana nasionalisme bisa terkoneksi dengan semangat keagamaan, begitu juga sebaliknya.

“Ini merupakan nilai penting dari nasionalisme-religius di Indonesia, yang bisa menjadi nilai penting untuk perdamaian internasional,” ujarnya.

Pada masa pandemi, Gus Nabil yang duduk di Komisi IX DPR RI tersebut mengapresiasi peran TNI dalam membantu pemerintah.

“Banyak dokter dari TNI/Polri yang dilibatkan untuk membantu penanganan pandemi,” katanya.

Bahkan, kata dia, pemulangan beberapa WNI dari Wuhan, Tiongkok, yang sebelumnya terisolasi di kota itu karena penanganan pandemi beberapa bulan lalu juga tidak bisa lepas dari peran TNI yang berkoordinasi dengan lintas pihak.

“Maka, mari kita bersinergi untuk membantu negeri mengabdi untuk Indonesia tercinta. Selamat HUT Ke -75 TNI, terus mengabdi untuk kedaulatan Indonesia,” kata Gus Nabil.(har)

Comments

comments