H-2 Pilkada, Bawaslu Bredel APK Gibran-Teguh dan Bajo

Tim gabungan baik dari Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kepolisian dan Satpol PP menertibkan Peraga Kampanye (APK) pada H-2 di tahapan masa tenang Pilkada Kota Solo, Senin (7/12/2020).(Seger)

Acuantoday.com, Solo- Pergerakan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) Pilkada Solo gencar dilakukan dimasa tenang, termasuk hari ini, Senin (7/12/2020). Tim gabungan baik dari Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kepolisian dan Satpol PP bergerak di berbagai titik.

APK baik milik pasangan calon Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa mapun Bagyo Wahyono-FX Supardjo dibredel. “Kita sterilisasi (APK). Kalau masih ditemukan langsung kita copot,” tegas Ketua Bawaslu Surakarta, Budi Wahyono.

Ditambahkan Budi, di masa tenang ini potensi money politik maupun kampanye di luar jadwal bisa saja terjadi. Untuk itu, pihaknya sudah meminta para anggotanya memasang mata dan telinga agar potensi pelanggaran ini tidak terjadi.

“Dalam sejarahnya kasus seperti itu belum pernah terjadi, tapi tetap kita lakukan pengawasan,” tuturnya.

Dia menambahkan, masa tenang sebetulnya menjadi wadah untuk para paslon mereview, mengevaluasi program kerja kedua paslon.

“Sedangkan untuk pemilih meneguhkan hati mereka siapa yang nantinya dipilih saat pencoblosan nanti,” tukas dia.

Di sisi lain, KPU Surakarta sudah mulai melakukan distribusi logistik. Pengawalan ketat dilakukan jajaran Polresta Surakarta guna memastikan logistik tiba dengan aman.

Nurul menjelaskan distribusi logistik pertama dilakukan di tiga kecamatan, yakni Banjarsari, Jebres, dan Laweyan. Untuk distribusi logistik Pilkada Kota Solo sendiri langsung di 54 kelurahan tidak berhenti di kantor kecamatan.

“Distribusi langsung kita lakukan di kantor kelurahan. Setelah itu petugas KPU di kelurahan mendistribusikan logistik di TPS pada hari H (pencoblosan),” kata dia.(seger)

 

Comments

comments