Hackers Incar Instagram segera Update Aplikasi Anda

Ilustrasi--- foto Alamy/thesun.co.uk

Acuantoday.com— Segera perbaharui aplikasi Instagram anda. Kabar buruk disampaikan oleh Check Point bahwa bug Instagram memungkinkan perentas mengintip anda melalui ponsel anda dengan hanya mengirimkan satu file gambar.

Dikutip dari thesun.co.uk, perentas dapat membobol ponsel Anda dan memata-matai Anda melalui kameranya hanya dengan mengirimi gambar di Instagram. Pengamat keamanan siber AS mengatakan bahwa taktik menakutkan itu mungkin terjadi karena kesalahan besar dalam cara Instagram menangani foto.

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada hari Kamis, para ahli di penelitian Check Point merinci dengan tepat bagaimana peretas dapat mengeksploitasi kerentanan ini untuk mengintip orang. Cacat tersebut memberi penyerang “kemampuan untuk mengambil alih akun Instagram korban dan mengubah ponsel mereka menjadi alat mata-mata”, kata para ahli.

Check Point menambahkan bahwa itu menandai bug ke Facebook – yang memiliki Instagram – dan perusahaan AS dengan cepat mengeluarkan tambalan untuk memperbaikinya. Namun, pengguna yang belum mengupdate aplikasinya ke versi terbaru mungkin masih terekspos.

Tim di perusahaan keamanan siber California mengidentifikasi kerentanan dengan memindai melalui perangkat lunak yang digunakan oleh Instagram dan aplikasi lain. Alat gratis untuk digunakan, Mozjpeg, membantu memproses file gambar dan digunakan oleh Instagram untuk mengunggah foto ke aplikasi.

Namun, cacat berbahaya dalam kode Mozjpeg memungkinkan peretas untuk mendatangkan malapetaka pada ponsel orang menggunakan satu file gambar berbahaya.Untuk melakukan serangan, penjahat dunia maya perlu mengirim gambar jebakan kepada korban melalui Instagram, WhatsApp, atau layanan perpesanan lainnya.

Gambar tersebut kemudian harus disimpan ke telepon pengguna. Di aplikasi seperti WhatsApp, semua gambar yang diterima oleh pengguna secara otomatis disimpan di rol kamera mereka.***dian

Comments

comments