Hadapi Cuaca Ekstrem, Ridwan Kamil Minta Seluruh Daerah Siaga

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Acuantoday.com, Bandung – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta agar seluruh daerah di wilayah Jawa Barat agar bersiaga dalam menghadapi cuaca ekstrem saat ini.

Untuk diketahui, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sempat mengimbau agar masyarakat seluruh Indonesia meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya, sesuai prakiraan BMKG memasuki awal tahun 2021 ini Indonesia menghadapi multi risiko baik dari aspek cuaca, iklim, gempa atau tsunami yang makin meningkat.

Potensi multi risiko (dari aspek cuaca, iklim, dan gempa) tersebut diprediksi pihak BMKG akan terjadi di sejumlah daerah di Indonesia dari awal bulan hingga Maret 2021 nanti. Sementara potensi hidrometeorologi atau bencana yang dipengaruhi faktor cuaca seperti banjir, longsor, hingga puting beliung puncaknya terjadi Januari hingga Februari.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta semua daerah untuk tetap waspada dan menerapkan status siaga satu salah satunya terkait ancaman dan potensi bencana banjir. Mengingat, lanjut lelaki yang akrab di sapa Kang Emil, dalam sepekan ini hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan genangan banjir di sejumlah wilayah di Jawa Barat.

“Ada bencana banjir di banyak tempat, sesuai yang dulu kita antisipasi sudah kita arahkan agar kewaspadaan siaga 1 banjir, sudah disampaikan,” ucapnya, Selasa (9/2).

Emil memastikan, BPBD Jawa Barat bersama BPBD kabupaten/kota sudah berada di lokasi terdampak bencana untuk melakukan sejumlah langkah evakuasi.

“Saat ini ada bencana banjir di wilayah Pantura mulai Bekasi, Karawang, Indramayu, Purwakarta, Majalengka, kini dalam upaya penanganan Pemprov Jawa Barat,” katanya.(dila)

Comments

comments