Hainanese Chicken and Enoki Rice ala Chef Priscil

Hainanese Chicken and Enoki Rice kreasi Chef Priscil---foto instagram chefpriscil

Acuantoday.com— Anda pasti  tidak asing dengan Nasi Hainam yang lezat dan gurih. Masakan yang asal-usulnya dari Tiongkok ini mudah ditemukan di Indonesia. Khususnya di resto-resto atau rumah makan yang juga menyediakan Chinese food di antara menunya.

Tapi namanya makan di resto, tentu terbatas sekali ya. Nah jika kalian ingin makan Nasi Hainam hingga puas, baiknya bikin sendiri. Berikut ini resep Nasi Hainam lezat yang dibagikan Chef Priscilya Princessa. Menurut Priscil, awalnya saat di Singapura ia tiga hari berturut-turut makan Nasi Hainan. Harganya murah, hanya 5 dolar Singapura. Dari sana kemudian Chef Priscil membuat kreasi Nasi Hainam sendiri. “Please cobain di rumah. Bahannya gampang didapet kok. Masaknya gampang and dijamin endol!!” Tulis Chef Priscil diakun instagramnya.

Untuk 4 porsi, persiapan dan masak memerlukan waktu sekitar 1 jam.

BAHAN-BAHAN

2cup beras
4cup air kaldu
1 ekor ayam kampung
1cup jamur enoki
5siung bawang putih
1sdm jahe parut
2cm jahe kupas
Bawang daun, cabe, bawang putih goreng untuk garnish
Garam dan lada putih.

CARA MEMBUAT

1. Cuci bersih beras, masukkan 4cup air kaldu, 1sdm jahe parut, 2 siung bawang putih chop halus, garam dan lada putih. Masak menggunakan rice cooker
2.Cuci bersih ayam potong menjadi 6/8 bagian sesuai selera, rebus ayam masukkan air dingin 1 liter, lalu masukkan jahe dan bawang putih, rebus ayam sampai daging empuk boleh menggunakan pressure cooker/presto, setelah daging empuk masukkan jamur enoki terakhir seasoning lada dan garam.
3.Angkat nasi sajikan dengan ayam dan kuah ayam. Garnish daun bawang, bawang putih goreng dan cabe merah.***dian

Comments

comments