Harapan Ganjar terhadap Kapolri Baru

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat memimpin rapat penanganan Covid-19 di kantornya. Foto: Humas Pemprov

Acuantoday.com, Semarang―Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap Kapolri Listyo Sigit yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo, Rabu (27/1) pagi ini dapat menjalankan amanah dengan baik.

Ganjar juga mendukung penuh tekad Kapolri baru yang akan menjadikan Polri lebih humanis.

Listyo Sigit Prabowo dilantik Kapolri di Istana Negara menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan memasuki pensiun pada tanggal 1 Februari mendatang. 

“Saya menyampaikan selamat sama pak Kapolri baru, pak Sigit Listyo, mudah-mudahan bisa membawa amanah ini dengan sangat baik,” ujar Ganjar usah menerima kunjungan kerja Badan Legislasi DPR RI di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang. 

Ganjar mengungkapkan, ia mengikuti proses fit and proper test yang dilakukan Sigit di Komisi III DPR RI dan mendukung penuh visi misi Sigit terutama tentang perubahan sistem tilang yang tak lagi dilakukan secara langsung.

“Saya mengikuti dan bagus, jadi mulai yang lebih praktis tilang dihilangkan yang sifatnya langsung dari polisi maka diganti dengan elektronik, bahkan Dirlantas Polda Jateng sudah mendahului paparan ke saya untuk melaksanakan, saya kira bagus,” tandanya. 

Selain itu, pendekatan persuasif yang ditekankan oleh Jenderal Sigit menurut Ganjar juga akan membawa Polri ke arah yang lebih baik. Didukung dengan sumber daya manusia yang elegan.

Pendekatan-pendekatan persuasif lebih diutamakan, saya kira sangat bagus,” kata Listyo. 

Politikus PDI Perjuangan ini juga berharap Kapolri baru ini dapat Jenderal Sigit dapat memimpin reformasi besar-besaran di tubuh Polri.

“Mudah-mudahan jauh lebih baik dan terjadi reformasi besar di tubuh kepolisian, wabil khusus dalam pelayanan kepada masyarakat,” tegas Ganjar. (alvin)

Comments

comments