Harga Minyak Dunia Melonjak Dipicu Transisi Biden

Ilustrasi - Salah satu lokasi pertambangan minyak milik Pertamina di Jambi../Foto: Antara

Acuantoday.com, New York―Harga minyak melonjak empat persen pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB) menyentuh level tertinggi sejak Maret.

Lonjakan ini terjadi justru di saat hadirnya vaksin koronavirus yang menjanjikan harapan untuk pemulihan permintaan bahan bakar dan terpilih Joe Biden untuk memulai transisinya ke Gedung Putih.

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Januari ditutup pada 47,86 dolar AS per barel, terangkat 1,80 dolar AS atau 3,9 persen.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) melonjak 1,85 dolar AS atau 4,3 persen, menjadi menetap di 44,91 dolar AS per barel. Kedua acuan berakhir pada penutupan tertinggi sejak 5 Maret.

AstraZeneca pada Senin (23/11/2020) mengatakan vaksin COVID-19-nya 70 persen efektif dalam uji coba dan bisa efektif hingga 90 persen, memberikan vaksin potensial lain untuk memerangi pandemi setelah hasil positif dari Pfizer-BioNTech dan Moderna.

Namun, vaksin tersebut tidak akan tersedia selama beberapa bulan yang berarti orang kemungkinan akan membatasi perjalanan dan aktivitas lain hingga tahun depan untuk mencoba memperlambat penyebaran penyakit.

“Kompleks bahan bakar minyak adalah perdagangan vaksin,” kata John Kilduff, partner di Again Capital di New York.

Pandemi Virus Corona, ditambah dengan runtuhnya pakta produksi yang dipimpin OPEC, membuat harga jatuh pada Maret. (ahm)

Comments

comments