Hari Ini, DPR Gelar Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan RUU Cipta Kerja

Ruang Rapat Paripurna di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta./ Foto : Acuantofday.com

Acuantoday.com, Jakarta- Pengesahan RUU Cipta Kerja tinggal selangkah, setelah tujuh dari sembilan fraksi di Badan Legislasi (Baleg) DPR bersama pemerintah dan Kelompok Kerja DPD RI menyetujui Omnibus Law RUU Cipta Kerja diputuskan di dalam rapat paripurna.

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Achmad Baidowi mengatakan RUU Cipta kerja akan dibahas dna diputuskan dalam Rapat Paripurna DPR yang diagendakan hari ini, Senin (5/10).

“RUU Cipta Kerja dalam Rapat Paripurna DPR RI pada hari ini,” kata Awi, panggilan Achmad Baidowi.

Sesuai agenda yang diterima, rapat paripurna dijadwalkan pada pukul 14.00 WIB dengan mengagendakan enam acara pembahasan. Pembahasan RUU Cipta Kerja berada pada agenda ke lima sebelum pidato penutupan masa persidangan I tahun sidang 2020-2021.

Dia menjelaskan dalam Rapat Pengganti Badan Musyawarah (Bamus) pada Senin disepakati bahwa penutupan Masa Sidang I Tahun Sidang I 2020-2021 akan dipercepat.

Menurut dia, sebelumnya penutupan masa sidang tersebut dijadwalkan pada Kamis (8/10) namun dipercepat menjadi Senin (5/10).

“Tadi disepakati Bamus DPR karena laju COVID-19 di DPR terus bertambah maka penutupan masa sidang dipercepat. Maka mulai Selasa (6/10) tidak ada aktivitas lagi di DPR RI,” ujarnya.

Rapat Kerja (Raker) Badan Legislasi (Baleg) DPR RI bersama pemerintah dan DPD RI pada Sabtu (3/10) malam, memutuskan untuk membawa RUU Ciptaker dalam Rapat Paripurna untuk disetujui menjadi UU.

Dalam Raker tersebut, 7 fraksi menerima RUU tersebut dibawa ke Rapat Paripurna untuk diambil keputusan, dan dua fraksi menolak yaitu Fraksi Partai Demokrat dan Fraksi PKS.

Achmad Baidowi mengatakan Pimpinan Baleg telah mengirimkan surat kepada Pimpinan DPR pada Senin untuk menyampaikan laporan hasil kerja pembahasan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja.(har)

Comments

comments